Toyota Innova dan Fortuner Diesel Sudah Memenuhi Standar B20

All New Toyota Kijang Innova
All New Toyota Kijang Innova

RiderTua Mobil – Mungkin banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang bahan bakar B20 (Biodiesel 20). Bahan bakar ini memang dikhususkan untuk kendaraan bermesin diesel, tetapi lebih ramah lingkungan daripada solar. Saat ini B20 belum bisa dipasarkan sebelum diterapkan pada bulan September 2018 mendatang. Toyota pun mengklaim bahwa mobil bermesin diesel buatannya siap jika menggunakan bahan bakar ramah lingkungan itu. Toyota Innova dan Fortuner Diesel sudah memenuhi standar B20..

Baca juga: Toyota Pajang Mobil Masa Depan di GIIAS 2018, Ciamik !

Tak Pengaruhi Mesin

Meskipun uji coba bahan bakar ini sudah dilakukan pada tahun 2015 lalu, mungkin saat ini masih banyak mobil diesel yang belum siap menegak B20 ini. Dalam arti lain ditakutkan kalau B20 akan berdampak pada performa mesin. Namun Toyota mengatakan kalau mobil diesel mereka sudah siap sepenuhnya.

Hingga saat ini, mobil diesel keluaran produsen mobil asal Jepang tersebut adalah Innova dan Fortuner. Menurut Toyota, keduanya pernah diujicobakan pada tahun 2015 dengan menggunakan bahan bakar B20. Bersama dengan PT Pertamina, kedua mobil tersebut dites sejauh 100 ribu km untuk melihat performa bensin tersebut.

Hasilnya tidak ditemukan masalah pada mesin Innova dan Fortuner diesel. Ini artinya mesin tersebut tak masalah walau menegak B20. Lalu bagaimana perawatan mesinnya? Toyota mengatakan kalau perawatannya tak terlalu spesial seperti menggunakan solar biasa.

Bob Azam selaku Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT. TMMIN (Toyota  Motor Manufacturing Indonesia) mengatakan

“Hasil uji coba yang kami lakukan sejak 2015 tidak menemukan masalah pada penggunaan bahan bakar B20. Kinerja mesin tidak terganggu. Begitu juga dengan perawatan, tidak ada yang perlu ditambah”

Memang hanya ada dua mobil dari Toyota yang menggunakan mesin diesel. Fortuner diesel masih banyak peminatnya di Indonesia. Hanya ada dua varian diesel, yaitu 4×2 dan 4×4 tipe VRZ dan G. Sementara Innova diesel memiliki empat varian, seperti tipe G Manual, G A/T Manual, V Manual, dan V A/T. Entah apakah mesin diesel akan meluas ke mobil Toyota lainnya.

(Foto: Top Metro news)

Be the first to comment

Leave a Reply