Setelah Pameran Gaikindo akan Bertemu KPPU, Ada Apa ?


ktm indonesia

pameran gaikindo
(Foto: Bisnis Indonesia) pameran gaikindo

RiderTua Mobil – Ketika pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018 masih berlangsung, ada satu hal yang belum diselesaikan. Yaitu mengenai penyerahan data penjualan yang dipermasalahkan oleh KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Maka Gaikindo mulai merencanakan pertemuan dengan pihak KPPU. Setelah pameran Gaikindo akan bertemu KPPU.

Baca juga: KPPU Larang Bagi Data Penjualan Kendaraan ke Asosiasi

Masalah Keamanan Data

Pada bulan Juli lalu, KPPU menyinggung masalah tentang penyerahan data penjualan yang rutin dilakukan oleh para APM (Agen Pemegang Merek). Data tersebut selanjutnya dikirim kepada asosiasi seperti Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dan AISI (Asosiasi Sepedamotor Indonesia). KPPU melihat kalau hal ini bisa berbahaya karena keamanan data bisa bocor. Itulah kenapa kemudian pihak KPPU melarang APM menyetor data penjualan ke asosiasi.

Kontan, pernyataan dari KPPU ini dinilai tidak masuk akal karena sudah ada aturan tentang pengumpulan data. Inilah yang membuat Gaikindo akan bertemu dengan KPPU, tetapi tentu saja setelah helatan pameran GIIAS 2018 berakhir. Sementara AISI masih adem ayem karena tak ada kabar meributkan masalah tersebut.

Tentang pengumpulan data penjualan, baik Gaikindo maupun AISI mengacu pada aturan yang diberlakukan. Aturan tersebut tertulis dalam PMK Nomor 228 tahun 2017. Jongkie D. Sugiarto selaku Ketua I Gaikindo menjelaskan,

“Kami ingin bertemu KPPU, membahas masalah ini dan lainnya. Rencananya akan dilakukan setelah pameran GIIAS selesai. Kami tidak berani jika tidak ada payung hukumnya. Ini sesuai dengan PMK Nomor 228 tahun 2017. Sebenarnya juga tak hanya Gaikindo yang diberi tugas itu, tapi juga beberapa asosiasi dari sektor bisnis lain”

Pengumpulan data penjualan sudah menjadi salah satu hal yang wajib bagi pemegang APM di Indonesia. Walaupun begitu, ada dua APM yang sudah melanggar aturan tersebut, yaitu Mercedes-Benz dan Kia. Mercy dikeluarkan dari keanggotaan Gaikindo karena belum mendapat persetujuan dengan pihak Daimler sehingga tak bisa memberi data penjualan. Lalu Kia tak memberi data penjualan karena penjualan yang terus menurun dan bernasib sama dengan Mercy.

Be the first to comment

Leave a Reply