Fungsi Kiprok atau Regulator Rectifier atau Silicon Controlled Rectifier


Kiprok yang istilah teknisnya Regulator Rectifier atau Silicon Controlled Rectifier  dimana salah satu fungsinya adalah merubah arus balak balik (AC) menjadi searah ( DC). Dari namanya juga yang disebut regulator yang menjembatani pengisian arus listrik ke aki dari sumber listrik ( Generator). Bisa dipastikan jika alat ini terganggu maka dijamin motor tidak akan bekerja dengan normal terutama motor jaman sekarang yang sangat bergantung dari sumber listrik untuk ECU dan perangkat vital lainnya.. maklum istilahnya jaman serba elektronik.


Bagaimana deteksi awal kalau kiprok ini rusak atau tidak normal..? Namanya listrik maka wujudnya ghoib, namun bisa di deteksi dengan alat ukur voltase dimana jika tidak stabil tegangannya maka kerja alat tadi juga tidak 100% OK. Tanda atau indikator lainnya adalah seringnya lampu utama putus. Dimana penjelasannya adalah akibat pengisian arus yang berlebih ke aki maka tegangan listrik ke lampu juga akan besar.

Kiprok GSX-R150 /GSX-S150 di luar

Musuh utama peralatan elektronik adalah panas berlebih. Dalam jangka lama akan cepat menurunkan fungsi alat itu. Lalu kenapa kiprok GSX-R150 / GSX-S150 berada di luar apakah tidak takut di pereteli maling ? Menurut Suzuki untuk melepas kiprok dari dudukan tidaklah mudah. Dan harus dilakukan di bengkel atau setidaknya butuh waktu lama. Hal ini dikarenakan terdapat baut yang tertutup oleh body motor ada pula baut pengikat yang menggunakan baut L Bintang yang jarang dipakai dalam tool motor seperti kunci pas, obeng atau kunci L biasa..

Satu lagi alasan kenapa kiprok GSX150 series di taruh diluar adalah :

  • Memudahkan untuk melakukan perawatan/ maintenance
  • Memudahkan pembersihan kiprok
  • Tidak terhalang penguapan panas kiprok saat bekerja sehingga usia kiprok lebih lama ( awet) coyy…

Wis gitu ae… gak usah panjang kali lebar…

1 Comment

Leave a Reply