Avanza Eksis Pakai Penggerak Roda Belakang

toyota avanza

RiderTua mobil – Pasti konsumen Indonesia sudah tidak asing lagi dengan Toyota Avanza. Mobil LMPV ini masih saja banjir peminat meski pasar penuh sesak dengan mobil dari merek lain yang datang. Avanza eksis pakai penggerak roda belakang.

Baca juga: Toyota Avanza 1.5X Tampil Ala Mobil SUV Crossover Resmi Rilis di Malaysia

Tetap Penggerak Roda Belakang

Sejak pertama kali meluncur tahun 2003, kedudukan Avanza seakan tak tersentuh dan terus menempati posisi pertama penjualan LMPV Indonesia. Walaupun sempat tergeser oleh penantang terbaru yaitu Mitsubishi Xpander, yang berhasil menguasai segmen LMPV selama empat bulan berturut-turut di tahun 2018 ini. Namun sepertinya Avanza tetap laris manis di pasaran.

Tetapi ada yang menonjol dari LMPV ini. Dari awal kemunculannya sampai sekarang Avanza tetap eksis menggunakan sistem penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive). Ini berbanding terbalik dengan rivalnya yang menggunakan FWD (Front Wheel Drive). Lalu apa keistimewaan RWD ini?

Bagi Toyota, sistem RWD ini sangat membantu Avanza untuk memaksimalkan daya angkutnya. Memang semua jenis MPV sering diandalkan untuk mengangkut banyak orang sekaligus barang bawaan. Beban paling berat berada di bagian belakang mobil, sehingga Toyota melihat kalau sistem RWD cocok untuk Avanza.

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive GM PT. TAM (Toyota Astra Motor) mengatakan

“Kembali lagi kalau bicara market otomotif kita melayani konsumen yang beragam. Kami bersyukur Avanza kami di LMPV masih diterima masyarakat dengan penggerak roda belakang. Bisa angkut barang dan orang lebih banyak daripada penggerak roda  depan. Kalau ditanya nasib jawabannya saya nggak berhenti studi, ada segmen customer harus kita serve nggak berarti harus mengikuti yang lain.”

Mengenai Avanza sendiri, dengan posisinya di puncak saat ini membuatnya rawan terancam dilengserkan oleh model lain. Sejak kehadiran Xpander dan Confero, beberapa produsen mobil lain sudah mulai memberi pembaruan. Seperti Suzuki yang memberi facelift untuk Ertiga.

Toyota mengaku kalau saat ini mereka sedang menggarap pembaruan untuk Avanza. Tetapi butuh studi lebih lanjut agar nantinya konsumen tidak kecewa dengan hasilnya. Pembaruan tersebut tidak akan diluncurkan setidaknya sebelum pemilu dan Pilpres 2019 berakhir.

Be the first to comment

Leave a Reply