Teknologi Ini Bisa Buat Mobil Audi, BMW, Daimler Berinteraksi


ktm indonesia

(Foto: Active Telecoms)

RiderTua mobil – Hingga kini teknologi terus dikembangkan untuk bisa membantu kehidupan manusia. Apalagi itu menyangkut mobil, tentu harus ada teknologi yang dapat meningkatkan fitur keselamatan ataupun kenyamanan berkendara. Namun Audi, BMW, dan Daimler berencana untuk mengembangkan teknologi baru pada mobil otonom. Teknologi ini bisa buat mobil Audi, BMW, Daimler berinteraksi.

Baca juga: VW dan Audi Indonesia Stop Jual Mobil Diesel, Apa Alasannya ?

Bisa Saling Terhubung

Untuk bisa mewujudkannya, ketiga produsen mobil mewah ini mendirikan perusahaan berbasis IT bernama V2X Tech. Dengan ini mereka bisa mengembangkan teknologi yang mampu melakukan komunikasi. Bahkan mereka sudah bekerjasama dengan Ericsson, Huawei, dan Qualcomm untuk mewujudkan sistem 5G Automotive 5GAA dan diterapkan pada V2X.

Sistem ini dikatakan mampu membuat mobil seperti saling berkomunikasi satu sama lain, walaupun itu mobil bermerek selain Audi dan BMW. Hebatnya lagi, 5GAA ini tidak perlu menggunakan jaringan seluler layaknya ponsel sehingga tak usah khawatir kalau berpergian ke tempat yang minim sinyal. Jadi sangat praktis dan tak perlu repot-repot cari sinyal.

V2X akan sangat berguna untuk meningkatkan keselamatan jalan dan efisiensi lalu lintas. Sistem yang digunakan mampu ‘berbicara’ saat bertemu rambu lalu lintas, ‘melihat’ pejalan kaki, peringatan pelanggaran, dan lainnya. Jika sudah diterapkan pada semua mobil, maka tingkat kedisiplinan di jalan diharapkan semakin meningkat.

Audi, BMW, Daimler, dan perusahaan teknologi lainnya sudah memberi demonstrasi pertamanya di pameran C-V2X, dengan bantuan dari Ford dan grup Prancis PSA. Mereka baru bisa menerapkannya pada modelnya mulai tahun 2020 nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply