Unik, Lorenzo Cepat ‘Hanya’ Karena Modifikasi Tangki Motor Lagi !


ktm indonesia


RiderTua MotoGP – Satu lagi kita belajar dari seorang Jorge Lorenzo. Dimana untuk kencang faktor yang terlihat sepele menjadi pemicu motor bisa kencang. Terlihat memang unik dan kadang lucu bagaimana sebuah bentuk tangki yang tidak ada hubungannya secara teknis membuat laju motor menjadi kencang? Berikut beberapa analisanya. Uniknya Lorenzo cepat ‘hanya’ karena modifikasi tangki motor lagi !

Secara mendasar motor Ducati adalah sebuah motor dengan paket yang komplit. Mumpuni di kecepatan lurus (Top Speed) dan mempunyai kekuatan saat di tikungan walau belum sempurna. Jika faktor kecepatan ditentukan oleh beberapa faktor maka untuk kasus Lorenzo, tinggal bagaimana seorang pembalap geber motor kencang itu, ibarat sudah punya motor dengan modal kecepatan mumpuni.

Lorenzo Cepat 'Hanya' Karena Modifikasi Tangki Motor Lagi

Lorenzo Cepat ‘Hanya’ Karena Modifikasi Tangki Motor Lagi ?

Yang menarik disini adalah ketika seri sebelumnya turun performanya, maka “hanya” dengan ganti tangki bensin saja kecepatan Lorenzo sudah kembali. Hal ini seolah menimbulkan kesan bahwa untuk setiap sirkuit model tangki harus berbeda-beda?.

Seperti terlihat pada gambar diatas Lorenzo (Ducati) memiliki tangki bensin yang lebih besar akhir minggu ini. Dimana dengan model ini membuat dia duduk lebih jauh kebelakang dan dia terbukti tercepat. Bahkan ada guyonan jika setiap seri model tangki semakin besar maka di seri saat sampai ke seri akhir Valencia dia akan duduk di ujung ‘punuk’ motor Ducatinya ( ketawa).

Ergonomi dan Weight Distribution

Pembagian berat (weight distribution) dan ergonomi disinyalir bersinergi menghasilkan kecepatan Lorenzo. Dengan posisi nyaman secara ergonomi membuat dia yakin melibas tikungan dan menikmatinya. Secara pembagian berat motor lebih seimbang dimana pembalap lebih mundur dan titik berat bergeser ke belakang untuk beberapa sektor diperlukan. Bagian belakang saat berakselerasi dihandle oleh berat rider (dengan tangki baru posisi duduk Lorenzo bisa makin kebelakang) dan bisa menjepit motor saat deselerasi dari top speed. Dan untuk bagian depan ( Wheelie) dihandle oleh winglet).. Faktanya catatan waktu Lorenzo sanggup sentuh 20 menit… sementara pembalap yang lain di 21 menit…Ra Percoyo karepmu wes… !

Be the first to comment

Leave a Reply