Kuatnya Repsol – Honda Dibanding Movistar – Yamaha, Karena Valentino- Marquez ?


ktm indonesia


RiderTua MotoGP –  Hubungan kerjasama Movistar dengan Yamaha dan menjadi sponsor utama Yamaha sejak musim balap 2014 ( 4 tahun). Sedangkan Repsol dengan tim Honda sudah menjalin kerja sama sejak tahun 1995 ( 23 tahun). Ketika Movistar sepertinya akan pergi, justru Repsol makin memperkuat kerjasamanya hingga memasuki masa ke-25 tahun.. Apakah kuatnya Repsol – Honda dibanding Movistar – Yamaha, karena Valentino- Marquez ?

Movistar dan Yamaha

Dilaporkan GPone.com bahwasanya kontrak Yamaha dan Movistar akan berakhir pada akhir musim 2018. Dan hingga saat ini belum ada kepastian perpanjangan terkait masalah hak siar MotoGP di Spanyol. Movistar masih ingin lebih dulu menyelesaikan negosiasi dengan promotor MotoGP, Dorna. Selain itu dilaporkan juga bahwa keuntungan yang didapat Movistar dari Dorna dalam beberapa tahun ini tidak sesuai dengan harapan mereka. Dengan kata lain mungkin ditunjang investasinya di tim Yamaha belum membuahkan hasil yang luar biasa selama 18 bulan terakhir sehingga Movistar sepertinya kurang bersemangat.

Repsol dan Honda

Sebaliknya seperti dilaporkan Speedweek.com (09/07/18) Repsol dan Honda justru kerjasamanya memasuki tahun ke-25. Repsol sudah “membiayai” 13 pembalap di kejuaraan dunia dan dengan 163 kemenangan MotoGP yang dimulai pada tahun 1995.
Perusahaan minyak Spanyol Repsol dan pabrikan raksasa sepeda motor Jepang Honda telah memperpanjang kontrak kerjasama mereka hingga akhir musim 2020. Dengan hasil ini antara Repsol dan Honda menjadikan mereka sebuah kolaborasi paling sukses dalam sejarah balap motor.

Begoña Elices, Direktur Eksekutif Pelaksana Komunikasi Repsol, dan Presiden HRC Yoshishige Nomura( gambar) sudah menandatangani perpanjangan kontrak selama dua tahun lagi.

Untuk musim balap 2019 Repsol memasangkan duet dua rider Spanyol (lagi). Dimana Marc Márquez mendapat rekan setim baru, Jorge Lorenzo.

Berikut Data keberhasilan Repsol dan Honda

  • Lebih dari separuh gelar dunia di kelas MotoGP telah dimenangkan oleh Repsol-Honda sejak 1995.
  • Gelar Tim, yang telah dimulai sejak 2002, telah dimenangkan tujuh kali.
  • 163 kemenangan MotoGP dan 419 podium.
  • Mick Doohan, Clex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Marc Marquez merupakan bintang dari tim.

Melihat prestasi kedua sponsor tadi apakah mungkin karena Yamaha kurang menguntungkan akhir-Akhir ini.. Apakah karena faktor Rossi dan Marquez yang berpengaruh ?.. Hanya aspal dan karet bundar yang bisa menjawab..

Be the first to comment

Leave a Reply