Hindari Kendaraan Besar Menjadi Suatu Keharusan di Jalan Raya



(Foto: Tribunnews.com)

RiderTua mobil – Beberapa saat yang lalu netizen dikejutkan dengan video yang menampilkan kecelakaan di Bogor. Terlihat pengemudi ojol (ojek online) tertabrak sebuah bus. Akibatnya sang penumpang tewas di tempat sementara pengemudi bus ditahan. Hindari kendaraan besar menjadi suatu keharusan di jalan raya.

Baca juga: Inilah Tips Membalap “Sehat” Ala Valentino Rossi….Arm Pump pun lewat…!!!

Blindspot Kendaraan Besar yang Berbahaya

Sesaat sebelum terjadi kecelakaan, pengemudi ojol tersebut hendak belok ke kiri. Namun pada saat yang bersamaan muncul bus yang ikut berbelok ke kiri. Karena tidak menyadari kehadiran pemotor tersebut, maka motor tersenggol bodi bus dan terjatuh.

Memang sangat membahayakan jika baik pemotor dan pengemudi mobil berdekatan dengan kendaraan besar seperti bus atau truk. Keduanya memiliki blindspot (titik buta) yang cukup besar. Sehingga baik supir maupun kernet harus ekstra hati-hati saat berada di jalanan.

Blindspot merupakan area bidang pandang yang tidak dapat terlihat oleh supir. Ini diakibatkan oleh bentuk kendaraan yang tegak seperti pilar, tidak seperti mobil. Ada empat titik buta pada truk, yaitu di belakang, samping kiri dan kanan, serta di depan kendaraan. Yang paling berbahaya yaitu di belakang truk atau bus karena baik supir maupun kernet tak bisa melihat keadaan di belakangnya.

Jika tak ingin kejadian yang sama terulang, salah satu cara menghindari kendaraan besar tersebut yaitu dengan memperkirakan sudut amannya. Atau dalam kata lain, perhatikan kaca spion truk atau bus. Jika bisa melihat wajah pengemudi truk dan bus artinya ia bisa melihat kendaraan di sampingnya. Tetapi kalau tidak bisa melihatnya, usahakan untuk lebih menjauh dari kendaraan besar tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply