Avanza Facelift Masih Pakai Penggerak Roda Belakang



toyota-avanza
toyota-avanza

RiderTua Mobil – Avanza sudah lama berkecimpung di segmen LMPV selama bertahun-tahun bersama saudaranya Xenia. Namun sampai sekarang Avanza masih menggunakan penggerak roda belakang. Sementara rivalnya sudah menggunakan penggerak roda depan. Avanza facelift masih pakai penggerak roda belakang.

Baca juga: Alasan Toyota Tak Mau Avanza Punya Penggerak Roda Depan

Sudah Selera Produsennya

Lalu mengapa Toyota masih mempertahankannya? Toyota mengatakan kalau masing-masing produsen memiliki seleranya masing-masing. Mau roda depan atau belakang, itu sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi pasar. Meskipun tren segmen LMPV sudah mengarah ke penggerak roda depan.

Walaupun mendapat ‘perlawanan’, Toyota melihat penjualan Avanza masih cukup stabil. Tetapi ada penyebab lain mengapa Toyota masih mempertahankan penggerak roda belakang pada Avanza. Eksekutif Toyota Astra Motor (TAM) sudah tiga kali ke Jepang untuk mengajak melakukan perundingan mengenai Avanza terbaru. Sayangnya masih belum ada kepastian dari ini.

Penggerak roda belakang memang diandalkan saat melakukan akselerasi. Sistem penggerak ini juga dipandang paling sesuai dengan kondisi dan situasi Indonesia. Tradisi masyarakat Indonesia yang suka bepergian beramai-ramai apalagi disaat mudik Lebaran atau suka bawa bawaan buanyak juga menjadi faktor yang juga dipertimbangkan.

Avanza dikabarkan akan mendapatkan facelift setelah sekian lama belum mendapatkan pembaruan. Namun Toyota belum mau menggembar-gemborkan mengenai fitur yang akan dibawa. Avanza Facelift tidak akan dirilis sebelum Pemilu dan Pilpres 2019 berakhir, karena konsumen masih fokus ke sana. Setelah hajatan besar negeri itu selesai, baru Avanza akan kembali beraksi melancarkan serangan balik ke Xpander yang sudah menyalip peringkat teratasnya di segmen LMPV.



1 Comment

  1. Menurut saya pengerak FWD punya banyak kelebihan misalnya crankshaft lbh advance, kompresi lbh tinggi, biasanya sudah DOHC 4valve, durasi camshaft lbh efisien, diameter roda juga lebih besar R15. Wajar fwd imagenya lebih kencang, lbh bertenaga.

    Coba lihat mesin pengerak RWD crankshaftnya lbh berat(crankshaft toyota,daihatsu vs crankshaft nissan atau Brv, Hrv, Crv), beberapa kendaran mesinnya masih jadul 2 valve persilinder (L300, panther, isuzu elf) kompresi rendah 9-9,5:1 (apv,jimny,carry,terrano), durasi camshaftnya kurang efisien, diameter roda lebih kecil R14 (avanza xenia). Wajar image RWD itu kurang kencang/bertenaga dan boros.

Leave a Reply