Suzuki Bakal Hengkang dari China


ktm indonesia

logo suzuki

RiderTua Mobil – China, negara besar yang perkembangannya sangat luar biasa cepat. Apalagi untuk dunia industri otomotif, sangat maju. Namun ada berita mengejutkan yang dikeluarkan pihak Suzuki. Suzuki bakal hengkang dari China.

Baca juga: Kalau Suzuki Jimny Dimodel Ginian… Pesan Satu !!!

Fokus ke India

Seperti yang diberitakan NHK World, rencana Suzuki untuk hengkang dari China merupakan strategi Suzuki untuk lebih fokus terjun di pasar yang lebih besar dan menjanjikan. Suzuki bakal menghentikan produksi atau pembuatan mobilnya di China.

Langkah ini ditempuh Suzuki agar lebih berkonsentrasi ke pasar India yang merupakan pasar terbesar Suzuki saat ini. Pihak Suzuki dan Changan Automobile selaku perusahaan patungannya di China sudah membicarakan hal ini sebelumnya.

Saat ini tingkat pertumbuhan perekonomian di China melaju sangat pesat. Banyak orang kaya baru disana. Hal ini berimbas juga pada pemilihan kendaraan. Orang kaya ini lebih memilih membeli mobil-mobil mewah dengan harga fantastis ketimbang mobil-mobil murah seperti Suzuki punya.

Selain alasan diatas, saat ini pemerintah China sedang berambisi kuat untuk mewujudkan kendaraan ramah lingkungan. Akibatnya, produsen mobil lokal ataupun luar jor-joran jualan mobil listrik. Sayangnya Suzuki tak punya line-up mobil listrik.

Untuk diketahui, Suzuki di Amerika sudah gulung tikar duluan dan saat ini hanya jualan motor saja. Suzuki Eropa juga bernasib sama, Suzuki sudah ‘cabut’ dari pasar Eropa bahkan sejak tahun 2013 silam.

Be the first to comment

Leave a Reply