Penampakan Senjata Baru Swing Arm Non Karbon RC213V Marc Marquez




RiderTua MotoGP – Penampakan Senjata Baru Swing Arm Non Karbon RC213V Marc Marquez. Rupanya Honda masih belum puas dengan perangkat lengan ayun teranyar mereka beberapa seri yang lalu. Padahal harga part karbon itu tidak main-main, bahkan bagian ini tidak di share untuk pembalap ketiga Honda ( Cal Crutchlow) dengan alasan jika jatuh dan hancur mahal harganya. Gambar diatas menunjukkan Marc Marquez saat tes di Catalunya dengan motor RCV ketiga dengan paket baru meliputi Swing Arm dan ( sepertinya) sayap yang semakin lebar.

Swing Arm Karbon Kurang Bagus ?

Menariknya model swing arm baru yang digunakan terlihat bukan berbahan serat karbon ( Non Carbon Fibre Swingarm). Menurut sumber jurnalis MotoGP kemungkinan part lengan ayun yang diuji cobakan di Barcelona kali ini akan dipakai tahun ini.  Apakah ini pertanda Honda (Marc Marquez) masih belum yakin dengan performa part mahal itu?. Dan sepertinya bagian ini membuat perbedaan signifikan terhadap performa RC213V. Karena jika swing arm karbon kemarin sempurna pastinya akan dipakai hingga akhir musim bahkan tahun depan.

Ada apa dengan Swing Arm Karbon ?

Kelebihan Serat Karbon adalah

  • Lebih ringan
  • Lebih kaku

Jika memang Honda kembali gunakan Swing Arm Aluminium bisa jadi karakteristik bahan karbon tidak cocok dengan gaya balap Marc ( mungkin). Entah karena lebih ringan justru menjadi nilai minusnya. Walau dari kekakuan bahan karbon lebih bagus dari Aluminium dan lebih bisa menyerap getaran pada roda belakang (chattering atau vibrasi). Bisa jadi performa Marquez menurun setelah memakai bahan karbon sehingga diputuskan mencoba “ramuan” lain..

Sumber : OffBikes @Off_Bikes



Be the first to comment

Leave a Reply