Swift Ternyata Masih Dijual Suzuki

suzuki-swift-sport
(foto: Jackson Motor Company) suzuki-swift-sport

RiderTua Mobil – Kabar Swift di Indonesia sekarang sudah tidak terdengar lagi. Pasalnya keberadaannya sudah digantikan oleh Baleno dan disuntik mati pada bulan Juli 2017 lalu. Memang kehadiran Swift tidak terlalu disambut baik oleh konsumen Indonesia, berbeda dengan Ertiga ataupun Carry pikap. Tapi ada sesuatu yang mencengangkan, Swift ternyata masih dijual Suzuki.

Baca juga: Suzuki Swift Facelift Bakal Sulit Masuk ke Indonesia
Suzuki Swift 1.2L thailand
(Foto; PaulTan.ORG) Suzuki Swift 1.2L thailand

Masih Tetap Jualan

Tak hanya diterima dengan kurang baik oleh konsumen Indonesia, segmen yang ditempati Swift memiliki persaingan yang sengit antara Yaris dengan Jazz. Artinya berjualan Swift dirasa sulit bagi Suzuki karena sudah ada Baleno. Meskipun begitu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih tetap jualan hatchback segmen B andalannya ini.

Jika dilihat, Baleno memang cocok untuk pasar hatchback Indonesia karena modelnya yang lebih modern daripada Swift. Desain bodinya terkesan menampakkan bentuk hatchback sesungguhnya ketimbang desain Swift yang ‘membulat’. Lalu ukuran kabinnya sedikit lebih luas dari saudaranya tersebut, termasuk pada baris kedua.

Baleno baru didatangkan SIS pada bulan Agustus tahun lalu untuk menggantikan kedudukan Swift di Indonesia. Selama ini Swift diimpor langsung dari Thailand, dan informasi terbaru menyebut kalau sudah ada pembaruan untuk mobil ini di Jepang. Mengenai hal itu SIS masih bimbang apakah suatu saat nanti mereka bisa membawa kembali Swift di Indonesia untuk ‘mendampingi’ Baleno menghadapi panasnya persaingan kelas hatchback seperti yang terjadi di India?

Donny Ismi Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. SIS mengatakan

“Swift untuk saat ini kami belum bisa berkata banyak, karena kami sudah menghadirkan Baleno. Kalau pun kami menawarkan Swift baru harus dengan penawaran yang berbeda, tidak bisa hanya Swift seperti biasa. Apakah nanti bentuknya dengan teknologi tinggi atau bagaimana?”

1 Comment

Leave a Reply