Kei Car Copen Ternyata Masih Dijual di Indonesia

(Foto: edukasi.kompas.com)

RiderTua Mobil – Daihatsu saat ini sudah memiliki mobil dari berbagai segmen. Mulai dari MPV Xenia, LCGC Sigra, pick-up Grand Max sampai low SUV Terios. Semua produk Daihatsu tersebut sudah kondang markondang dan laris hingga sekarang. Tetapi ada satu mobil bikinan Daihatsu yang belum banyak dikenal konsumen, yaitu Copen. Kei Car Copen ternyata masih dijual di Indonesia.

Baca juga: Sigra Jadi Yang Terlaris Dari Pasukan Daihatsu

Masih Bisa Dipesan

Hingga sekarang, mungkin nama Copen terasa asing bagi sebagian konsumen Indonesia. Tetapi sebenarnya Copen merupakan salah satu mobil dari Daihatsu, tetapi yang paling mewah dari semuanya. Mobil ini berjenis sedan mungil dua pintu yang atapnya bisa dibuka atau di Jepang biasa disebut kei car.

Sejak pertama kali dijual di Indonesia tahun 2015, Copen hanya terjual 14 unit (CVT 10 unit dan manual 4 unit). Kemudian di tahun 2016 dan 2017 malah anjlok menjadi dua unit dan itupun semua berjenis manual. Untuk tahun 2018, hingga bulan April lalu, tak ada laporan satupun unit yang terjual. Entah apa penyebabnya.

Meskipun penjualannya sangat kecil, bukan berarti Daihatsu mengabaikannya begitu saja. Mereka masih mau menjual Copen via inden. Konsumen yang sudah memesan tinggal menunggu hingga 3 bulan sampai mobilnya datang. Itu karena Copen didatangkan langsung dari Jepang dalam keadaan CBU (Completely Built-Up). Semua dealer Daihatsu bisa menerima pesanan Copen dari konsumen.

(foto: OtoManiac)

Sekilas Tentang Copen

Sebagai mobil kei car (mobil mungil), Copen punya dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.280 mm. Mengusung konsep D-Frame, Copen punya jarak sumbu roda 2.230 mm dan ground clearance hanya 115 mm.

Copen menggendong mesin Turbo Intercooler DOHC dengan 3-silinder berkapasitas 658cc. Dimana mesin ini mampu menghasilkan tenaga 64 tk dengan kecepatan pol mencapai 170 km/jam. Meski kecil, Copen mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,7 detik saja.

Copen ini memang kecil-kecil cabe rawit, pedasnya ampyun. Meski kecil mehong harganya Mas Bro! Harganya tembus Rp 400 juta lebih. Namun harga mahal ini dibayar dengan bejibun fitur canggih yang disematkan pada Copen.

Be the first to comment

Leave a Reply