Royal Enfield Classic 500 Pegasus Limited Edition Wujud Penghargaan Untuk pasukan Inggris di PD II

(Foto: Pinterest) Royal Enfield Flying Flea

RiderTua Motor – Royal Enfield adalah brand motor beken asal Inggris yang melegenda. Namun kini merek ini sudah diproduksi di India. Untuk memperingati eksistensi tentara Inggris saat Perang Dunia ke-2, Royal Enfield meluncurkan sebuah motor spesial. Royal Enfield Classic 500 Pegasus Limited Edition wujud penghargaan untuk pasukan Inggris di PD II.

Baca juga: Royal Enfield 500 ‘Pegasus Edition’ Hanya 1000 unit, Inilah Harganya !

Tunggangan Andalan Tentara Inggris

Kita akan mengulik sejarah hubungan antara Royal Enfield dengan tentara Inggris di masa perang dunia II sekitar tahun 1917. Tentara Inggris kerap menggunakan motor Royal Enfield untuk mendukung strategi perang mereka. Terutama digunakan untuk kendaraan pengintai. Yang dipilih adalah Royal Enfield Flying Flea.

Ada sekitar 4 ribu motor Royal Enfield Flying Flea yang langsung di kirim dari Inggris untuk mendukung divisi udara tentara Inggris dimana divisi ini mempunyai lambang ‘Pegasus’ sebagai simbol.

Cara pengiriman motor ini juga cukup dramatis karena harus diterjunkan langsung dari udara dengan parasut. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan alat komunikasi radio sekaligus bisa mengirimkan sinyal atau pesan kepada pasukan udara Inggris.

Royal Enfield Classic 500 Pegasus

Untuk mengenang peristiwa itu, Royal Enfield kemudian meluncurkan sebuah motor yang berstatus limited edition alias edisi terbatas yang diberi nama Royal Enfield Classic 500 Pegasus.

Motor ini hanya diproduksi 1.000 unit secara global. Dimana 250 unit dijual untuk pasar India sedangkan 190 unit dijual di Inggris. Hanya ada dua pilihan warna yaitu Service Brown dan Olive Drab Green. Kedua warna ini adalah warna yang sama pada motor yang digunakan saat PD II tersebut.

Royal Enfield Classic 500 Pegasus menggendong mesin berkapasitas 499cc, air-colled, satu silinder dengan 5-percepatan gearbox. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 27,2 bhp/5.250 rpm dan torsi maksimum 41,3 Nm/4.000 rpm.

Untuk harga, di Inggris doi dibanderol 4.999 Poundsterling sedangkan di India dihargai 6.730 dolar.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*