‘HOT Project Code BS7’ Yamaha R25 Baru, USD, VVA, Tampang New R15 !



'HOT Project Code BS7' Yamaha R25 Baru, USD, VVA, Tampang New R15
RiderTua Motor – ‘HOT Project Code BS7‘ Yamaha R25 Baru, USD, VVA, tampang New R15. Motor baru dari Yamaha kelas seperempat liter siap terjun dengan perubahan baru di sektor mesin. Info dari media Italia yang juga menanti kedatangan R3 ( R25 di Indonesia). Mereka juga mendapatkan informasi bahwa unit baru ini sedang di uji coba untuk produk pertama motor sport YZF-R25 (atau R3 di Eropa) yang sudah di upgrage. Dengan mesin dua silinder dari klan R-series yang moncer, Yamaha akan mempertajam senjata mereka untuk tahun depan. Dan akan semakin meningkatkan dalam hal daya saing di kelas 250cc melihat kompetitor juga semakin kuat di ajang WSBK dengan KTM, Kawasaki dan Honda serta varian baru yang lebih sporty dari Versi Suzuki GSX-R (300) yang juga siap untuk debut di akhir musim ini.

Head Lamp LED YZF R15 V3

Wajah R15

Menurut rumor  YZF-R25 (kode proyek BS7) harus bisa masuk ke pasar pada akhir tahun ini. Dengan pertama di kawasan Asia dengan kapasitas 250cc, sebelum masuk pasar Eropa dengan peningkatan kapasitas kubikasi 321cc.

Dari data teknis yang mulai bocor garis desain muka mengacu pada R15 saat ini. Bisa jadi ada bagian dari saudaranya YZF-R6 dan YZF-R1 yang dicomot untuk mempertegas saat dia turun di kelas superbike. Sehingga aura R Series tetap terjaga ibarat orang akan paham bahwa wajahnya memang wajah klan R.

VVA Blue Core

Untuk sektor mesin dua silinder bisa jadi akan mengusung teknologi baru variable valve timing system VVA (Variable Valve Actuation). Dimana ini mirip dengan apa yang sudah disematkan pada mesin Blue Core dari Yamaha yang kita sudah mengenalnya pada skuter N-Max 155 dan pada Tricity 155 roda tiga. Untuk fungsi peredaman secara teknis ( atau mungkin estetika semata) akan membuat tampilan baru dengan USD ( Upside Down) Fork yang lebih agresif. Atau sekedar memenuhi permintaan persaingan pasar ( CBR250RR) yang sudah memakai garpu depan terbalik ( USD) juga ?

Kita tunggu saja yang pasti yang pertama bikin mulut menganga ( ngowos ) adalah sektor performa.. di set di angka berapa powernya karena akan berhubungan dengan kualitas material dan merembet ke harga motor itu sendiri.. Istilahnya wani Piro…

Baiklah kita lihat masa itu nampak saja dari tampilan, power dan harga dari keluarga ‘R’ series ini ! ( Timing peluncuran bisa jadi saat MotoGP Malaysia) … mungkin… karena..ah sudahlah… bangun bangun… 😀



4 Comments

  1. Sudah saya katakan…
    Jika sebuah mesin dalam 1 silinder memiliki 4valve besar serta Throttle body besar maka VVA,SR-VVT atau sejenis variabel valve itu teknologi ngak guna.

Leave a Reply