Jutaan Anak di Seluruh Dunia Jadi Korban Karena Kendaraan

RiderTua Auto– Kendaraan memang ditujukan agar siapapun bisa melakukan mobilisasi kemana pun dengan cepat. Namun efek negatifnya, dengan makin banyaknya jumlah kendaraan di jalan maka hal ini bisa memicu meningkatnya angka kecelakaan dan polusi udara. Ironisnya, diantara korban yang melibatkan kendaraan merupakan anak-anak. Jutaan anak di seluruh dunia jadi korban karena kendaraan.

Baca juga: Hati-Hati 75 Persen Kecelakaan Terjadi Karena Saling Salip

Jangan Sampai Jumlahnya Meningkat

Menurut Forbes, dari hasil penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam laporan ‘Unfinished Journey: The Global Health Response to Children and Road Traffic’, masalah kesehatan publik sebagian disebabkan adanya jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat. Memang tak hanya menganggu kesehatan, tetapi juga menyebabkan efek gas rumah kaca. Akibatnya ada 127 ribu anak meninggal karena polusi udara yang berkepanjangan. Biasanya terjadi di kota dengan tingkat polusi yang tinggi.

Selain dari asap kendaraan, kecelakaan juga yang menjadi penyebab tingginya angka kematian. Bahkan sekitar 227 ribu anak-anak menjadi korbannya setiap tahun dan sisanya mengalami luka parah dan cacat permanen. Walaupun kendaraan sudah menggunakan fitur keselamatan yang canggih, tetapi kalau sudah lalai atau meleset sedikit saja bisa menyebabkan jatuhnya korban.

Di Indonesia sendiri, yang jadi biang kerok banyaknya kecelakaan yang menimpa remaja atau anak-anak adalah sepeda motor. Ditambah dengan tidak menggunakan helm atau apapun untuk melindungi dirinya, tidak tertib dan seenak udelnya jika di jalan, termasuk kondisi kendaraan/motor yang kurang bagus juga termasuk penyebab kecelakaan. Namun tidak atau belum diketahui berapa banyak anak-anak Indonesia yang meninggal karena polusi udara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*