Avanza Masih Pede Lawan Xpander Walau Trennya Turun

Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

RiderTua Mobil – Avanza selama ini dikenal sebagai ‘Rajanya’ LMPV di Indonesia. Namun semakin banyaknya gempuran dari kompetitor membuat Avanza kelimpungan juga. Kemudian Xpander merebut tahta tersebut dan Avanza harus puas di posisi kedua. Avanza masih pede lawan Xpander walau trennya turun.

Baca juga: Xpander Menang di Ronde Pertama Tahun 2018 Atas Avanza

Masih Punya ‘Senjata’ Lain?

Persaingan di segmen LMPV juga diperparah dengan makin berkembangnya segmen lain seperti SUV dan LCGC. Penjualan Avanza selalu mendekati Xpander yang selisihnya hanya ratusan unit. Sebenarnya penjualan Avanza-lah yang menurun dan Xpander sebaliknya.

Astra Toyota Motor mengaku kalau keberadaan mobil baru, termasuk Xpander, yang menyebabkan penurunan tersebut. Penjualan selama kuartal pertama tahun ini turun 7 persen. Namun bukan berarti mereka menyerah begitu saja. Masih ada ‘senjata’ yang akan dikeluarkan Avanza untuk membendung euforia Xpander. Namun pihak Toyota masih merahasiakan ‘senjata’nya itu. Katanya, ‘inilah strategi kami’.

Mereka belajar dari pengalaman ketika Mobilio pernah menyalip Avanza, termasuk Ertiga. Namun beberapa bulan kemudian keduanya sudah turun peringkat dan Avanza kembali naik posisi. Menurut Toyota, konsumen sudah punya pengalaman mencoba mobil tersebut. Kemudian memutuskan untuk kembali ke Avanza lagi.

Meskipun begitu, sebenarnya konsumen ada yang merasa bosan dengan Avanza yang dibanderol tinggi tetapi fiturnya minim. Sementara rivalnya, Xpander dan Confero unggul dalam value-for-money sekaligus fitur yang diberikan. Tentu Avanza akan kewalahan menghadapi keduanya.

1 Comment

  1. Avanza jejer xpander,kbanting avanza abis.kalo blom ada refresh maksimal dari toyota,nyebur tu avanz.lah xpander gantengnya mlebihi harga,bahkan kalo liat hrv skalipun masih ganteng xpander (selera),

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*