Ini Alasan Mengapa Vitara Brezza Tak Bisa Dijual di Indonesia



RiderTua Mobil – Suzuki memiliki versi lain dari SUV mini Grand Vitara, yaitu Vitara Brezza. Mobil ini masih dijual khusus di India. Vitara Brezza memang terlihat memiliki potensi untuk bisa dijual di negara lain. Tetapi untuk Indonesia Suzuki masih meragukannya. Ini alasan mengapa Vitara Brezza tak bisa dijual di Indonesia.

Baca juga: Misteri ‘Future S’ Mobil Kompak Suzuki Akan Terkuak

Meluncur di Saat yang Kurang Tepat

Vitara Brezza memiliki model yang mengingatkan pada Ignis. Sepertinya memang bagus kalau Grand Vitara menambah satu varian lagi untuk pasar otomotif Indonesia. Namun Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan kalau Brezza tak bisa dijual di Indonesia. Suzuki punya alasannya.

Ini dikarenakan Vitara Brezza memiliki spek yang sangat banyak dan jika sudah masuk ke pasar Indonesia bisa-bisa kandungan spesifikasinya dikurangi alias di-down grade. Belum lagi dengan mesin Brezza yang menggunakan diesel 1.3L 4 silinder, juga masih dirasa kurang sreg bagi konsumen Indonesia.

Suzuki memang memiliki mobil dengan mesin tersebut di Indonesia, yaitu Ertiga Diesel. Tetapi sejak peluncuran Ertiga facelift bulan lalu, penjualannya sudah dihentikan dan entah apa yang akan dilakukan Suzuki. Terus lanjut dengan tipe diesel atau discontinue (dihentikan).

Tak hanya masalah mesin dan speknya saja, transmisi Vitara Brezza yaitu manual 5 percepatan dan AMT (Automated Manual Transmission) juga dirasa kurang pas untuk konsumen di Indonesia. Ini dibuktikan dengan adanya Karimun Wagon R yang memiliki model transmisi AGS (Auto Gear Shift) tetapi kurang diminati konsumen Indonesia.

Artinya jika seandainya Suzuki ngotot membawa Brezza ke Indonesia, maka akan terjadi perombakan total terhadap mesin maupun transmisinya. Suzuki harus menyesuaikan dengan selera orang Indonesia yang tidak bisa disamakan dengan selera orang India tentu saja.



Be the first to comment

Leave a Reply