Datang ke Indonesia, Apa Wuling dan Sokon Sudah ‘Janjian’ Dulu?



pabrik-wuling-di-cikarang
(Foto: viva) pabrik-wuling-di-cikarang

RiderTua.com – Wuling dan Sokon menjadi pendatang baru dari China yang siap menggempur pasar otomotif Indonesia. Sepintas keduanya memang terbilang baru, tetapi sebenarnya Sokon lebih dulu hadir sebelum Wuling. Datang ke Indonesia, apa Wuling dan Sokon sudah ‘janjian’ dulu ? Cie…Cie…

Baca juga: Kenapa Wuling Kenalkan Cortez 1.5L Sekarang?
pabrik sokon di serang Banten
pabrik sokon di serang Banten

Sama-sama dari China, Harus Tetap Bersaing

Baik Wuling maupun Sokon, keduanya berasal dari China. Sebagai produsen mobil, mereka melihat potensi pasar otomotif Indonesia yang bagus. Tetapi anggapan ‘produk China jelek’ masih membekas di ingatan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, jauh sebelumnya ada produsen mobil dari negara sama yang datang namun akhirnya harus angkat kaki karena kualitas mobilnya terbilang buruk. Inilah yang menjadi tantangan bagi keduanya.

Keduanya memang terbilang pendatang baru. Tetapi Wuling mengatakan kalau sebelumnya mereka tidak janjian untuk datang bareng ke Indonesia. Mereka datang ke Indonesia untuk mengisi pasar otomotif yang didominasi oleh produsen mobil Jepang dan Eropa. Wuling juga mengatakan kalau Sokon akan bertarung di segmen SUV sementara Wuling di segmen MPV. Jadi tidak ada tabrakan antara keduanya soal persaingan.

Baru saja datang ke Indonesia, Wuling sudah punya Confero dan Cortez yang akan melawan Avanza dan Innova. Sementara Sokon memiliki Glory 580 untuk menghadapi Honda CR-V dkk. Bisa jadi ini akan menjadi pertarungan segmen MPV dan SUV paling sengit selama tahun ini.

Nathan Sun selaku Sales Director Wuling Motors mengatakan

“Kita tidak janjian. Namun jika industri otomotif Indonesia semakin banyak ya semakin bagus. Kalau Sokon saya tidak tahu”



Be the first to comment

Leave a Reply