Ini yang Terjadi Kalau Salah Pilih Bensin untuk Sirion Anyar



All New Daihatsu Sirion 2018
(Foto: otobisnis.com) all-new-daihatsu-sirion-2018

RiderTua.com – Daihatsu Sirion mendapat pembaruan pada pertengahan Februari lalu. Walau bukan facelift, ubahan tersebut dilakukan pada eksterior dan mesin. Daihatsu berharap dengan adanya penyegaran pada hatchback andalannya, maka penjualannya bisa memulih lagi. Namun ada yang harus anda perhatikan saat mau mengisi bensin mobil ini. Kenapa ? Ini yang terjadi kalau salah pilih bensin untuk Sirion anyar.

Baca juga: Peluncuran All New Daihatsu Sirion 2018 Indonesia Inilah Spesifikasi Fitur Warna dan Harganya

Pilih RON 92 Keatas

Berbicara mengenai mesin, Sirion terbaru menggunakan mesin yang berbeda dengan versi sebelumnya, dari mesin berkode K3-VE 4 silinder 1.3L VVT-i diganti menjadi 1NR-VE DOHC Dual VVT-i 1.3L 4 silinder. Tenaga yang diberikan menjadi 95 PS dari sebelumnya yaitu 90 PS, sementara torsinya masih sama yaitu sebesar 12,2 kg.m.

Mesin yang berbeda tentu perlakuannya harus berbeda pula, karena jika sampai keliru maka bisa mengurangi performa mobil. Daihatsu Indonesia mengatakan kalau Sirion anyar ini hanya bisa menegak bensin RON (Research Octane Number) diatas 92 dan tanpa timbal. Tetapi pemilik Sirion terbaru ada yang mengabaikan saran ini, atau dalam kata lain, menggunakan bensin RON dibawah 92.

Jika ini terjadi, maka performa berkendara Sirion bisa menurun. Jika pengemudi cukup jeli, maka akan sangat terasa adanya penurunan performa Sirion saat dikendarai setelah penggunaan bensin RON dibawah 92. Untungnya hal ini tidak memberi dampak yang serius bagi mesin secara signifikan.

Tanggapan Daihatsu

Bambang Supriyadi selaku Product Improvement Departement Head PT. ADM (Astra Daihatsu Motor) mengatakan

“Untuk RON bensin Daihatsu Sirion terbaru ini kami rekomendasikan menggunakan BBM dengan spesifikasi di atas 92. Kalau memasukkan BBM dengan spesifikasi dibawah RON 92 maka performa berkendaranya akan menurun. Namun tidak berimbas ke bagian mesin secara signifikan”



1 Comment

  1. Setahu saya semua mobil baru termasuk lcgc sudah butuh bensin ron 92 tapi ya masih banyak yang nekat isi ron 90 atau ron 88 karena berbagai alasan, biasanya karena ketersediaan jenis bbm di daerahnya maupun karena alasan ekonomis.

Leave a Reply