Daihatsu Akan Pinjam Komponen Mobil Listrik dari Toyota

0
aliansi-toyota-daihatsu
(Foto: Auto.ndtv.com) aliansi-toyota-daihatsu

Hanya tinggal menunggu hari bagi produsen mobil di Indonesia agar regulasi kendaraan listrik diselesaikan. Menurut Menperin Airlangga Hartarto, regulasi tentang mobil akan selesai akhir bulan ini karena Menteri Keuangan sudah menyetujuinya. Jika sudah rampung, maka mobil listrik bisa dibawa ke Indonesia dan dijual di dealer yang tersedia. Mengenai hal ini Daihatsu sangat antusias menyambutnya. Daihatsu akan pinjam komponen mobil listrik dari Toyota.

Baca juga: Aliansi Mobil Listrik Toyota Mazda Suzuki Subaru Daihatsu dan Hino Buat Lawan Amerika CS !!

Cukup Pinjam Gak Usah Buat Baru

Tak terkecuali Daihatsu. Walau merasa sangat antusias, sebenarnya Daihatsu belum menentukan model manakah yang akan digarap di Indonesia. Jika regulasi tersebut sudah terealisasi, maka Daihatsu tinggal ikut-ikutan dengan Toyota yang juga satu aliansi dengannya.

Toyota memang sudah memiliki beberapa model mobil listrik atau hybrid. Jadi karena jalinan aliansi diantara Daihatsu dan Toyota maka sah-sah saja jika Daihatsu akan meminjam platform mobil listrik milik Toyota.

Daihatsu merencanakan baru akan memproduksi mobil listrik dan hybrid pada tahun 2020, tetapi masih harus menunggu regulasi diselesaikan di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu Daihatsu sempat berbincang dengan Kementerian Perindustrian Indonesia mengenai mobil listrik di Tokyo Motor Show. Diharapkan ketika regulasinya sudah selesai, maka Daihatsu dan Toyota bisa bekerjasama membuat mobil listrik.

Tanggapan Daihatsu

Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor mengatakan

“Tunggu saja. Pada dasarnya semua peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah akan kita respon positif. Sekarang kan belum keluar, jadi tidak bisa bicara modelnya bagaimana. Kalau pemerintah ke arah sana pasti kita ikutin kok. Kita group Toyota, nah Toyota itu sudah banyak mobil seperti itu. Kita tinggal ikut, pakai teknologi Toyota. Tidak perlu buat baru”

Leave a Reply