Suzuki Ertiga Ternyata Sudah Melanglang Buana di 25 Negara



Suzuki_new_Ertiga

Suzuki sudah lama mengandalkan Ertiga untuk melawan pesaingnya di kelas LMPV. Tak hanya untuk memenuhi pasar domestik di dalam negeri, Suzuki ternyata sudah mengekspornya ke 25 negara di dunia sepanjang tahun 2017 kemarin. Wah, Suzuki Ertiga ternyata sudah melanglang buana di 25 negara, ya ?

Baca juga: Ini Prediksi Peluncuran Suzuki Ertiga Facelift

pabrik-suzuki

Pabrik Suzuki di Cikarang

Ertiga sudah diekspor sebanyak 12.196 unit secara CBU (completely built up) ke negara-negara yang berada di wilayah Asia, Oceania, Amerika Selatan dan Karibia. Ertiga ini dirakit di pabrik yang berlokasi di kawasan industri GIIC Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Suzuki mengatakan dengan bantuan teknologi robot yang digunakan untuk proses produksi Ertiga, sehingga menghasilkan produk yang punya kualitas tinggi. Dibutuhkan waktu 3-4 jam untuk merakitnya menjadi 1 unit CBU (Completely Build-Up) siap kirim. Pabrik ini punya kapasitas produksi CBU hingga 120 ribu unit per tahun.

Pabrik Suzuki ini tak hanya merakit Ertiga saja. Namun juga membuat mesin K14B (1.400cc) untuk Ertiga dan mesin K10B (1.000cc) untuk Karimun. Bayangkan, pabrik ini hanya perlu 2-4 menit aja untuk membuat sebuah mesin. Dan bisa menghasilkan mesin hingga 71 ribu per tahunnya. Jadi setiap satu shif jam kerja (tanpa istirahat) bisa menghasilkan sebanyak 194 mesin. Weleh…weleh…

Selain mesin juga membuat transmisi manual. Dengan tempo hanya 1,6 menit maka sudah bisa membuat 1 buah transmisi. Dan kapasitas produksi mencapai 176 ribu per tahunnya.

 

 



Be the first to comment

Leave a Reply