Pabrik GM Korea Ditutup, Enggak Ngaruh Tuh Buat Indonesia



general motors indonesia

General Motors (GM) sudah memutuskan untuk menutup pabriknya di Korea Selatan. Setelah melakukan perundingan yang alot dengan pejabat setempat tentu saja. Tentu ini akan berpengaruh terhadap GM itu sendiri. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Pabrik GM Korea ditutup, enggak ngaruh tuh buat Indonesia.

Baca juga: General Motors Tutup Pabriknya di Korea Secara Diam-Diam

Tidak Pengaruhnya

GM sebenarnya sudah menyetop produksi mobil Chevrolet di Indonesia tahun 2015 lalu. Namun hal itu tak serta merta menghilangkan mobil Chevrolet di pasaran. Hanya jumlahnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, itupun masih impor dari Korea. Itu karena Chevrolet kalah bersaing dengan produsen mobil Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu dan kawan-kawan.

Meskipun begitu, dampak dari penutupan pabrik di Korsel ini tidak akan berpengaruh ke Indonesia. Karena hal tersebut tidak ada hubungannya dengan Indonesia, jadi bukan masalah jika konsumen masih mau memesan Captiva, Trailblazer, atau Trax ke GM.

Tanggapan GM Indonesia

Yuniadi Haksono Hartono selaku External Affair and Communication Director GM Indonesia mengatakan

“Itukan hanya satu dari empat pabrik yang ada. Tetapi supply-nya sendiri ke Indonesia tidak ada hubungannya, tidak ada pengaruhnya. Jadi itu tidak berdampak terhadap Indonesia”

Sebelumnya, GM memutuskan untuk menutup satu pabriknya yang berlokasi di Gunsan Korea Selatan. Karena sejumlah masalah, salah satunya dampak kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menginginkan GM untuk fokus memproduksi dan memasarkan produknya ke AS. Selain itu, GM mulai kehilangan kepercayaan dari pejabat pemerintah Korsel dan mengalami masalah finansial.




Be the first to comment

Leave a Reply