General Motors Tutup Pabriknya di Korea Secara Diam-Diam



general motors

General Motors (GM) terkenal dengan mobil Chevrolet-nya. Sudah cukup lama produsen mobil ini berkecimpung di dunia otomotif. Beberapa model yang terkenal seperti Captiva, Trailblazer, dan lainnya. Sebuah rumor mengatakan General Motors tutup pabriknya di Korea secara diam-diam, apa alasannya ?

Baca juga: Siapa Terkencang Lamborghini, Porsche, Ferrari atau Chevrolet Camaro!!

Menutup Pabrik Diam-Diam

Namun kabar tak baik muncul ketika GM memutuskan untuk menutup pabriknya di Korea Selatan. Kabar ini terdengar setelah pemerintah Negeri Ginseng ini dihubungi via telepon dari GM. GM memutuskan menghentikan operasional pabrik Gunsan yang sudah memiliki 2 ribu pekerja. Dan untuk 3 pabrik GM lain akan ditentukan nasibnya beberapa hari kedepan.

Sebelum dikabarkan akan menutup pabriknya, GM memang sudah membicarakan masalah yang dihadapinya kepada pemerintah Korsel. Entah masalah apa yang dibicarakan hingga sekarang masih dirahasiakan.

GM bahkan meminta bantuan pemerintah untuk menyelesaikan masalahnya tersebut. Tetapi kemudian tak terdengar kabar mengenai hal tersebut sejak saat itu. Dan akhirnya kabar penutupan pabrik GM ini sangat mengejutkan pemerintah.

Menurut beberapa pengamat, ini terjadi setelah GM kehilangan kepercayaan oleh pejabat pemerintah setempat karena pihak GM tidak menyetorkan data keuangan yang secara memadai kepada Korea Development Bank (KDB).

Untuk diketahui, Desember 2013 lalu GM pun memutuskan untuk ‘angkat kaki’ dari tanah Eropa. Tahun 2015 GM melakukan hal sama yaitu tidak melakukan produksi dan distribusi mobil lagi di Indonesia.

Tak hanya di Asia dan Eropa, di Amerika masalah lebih besar timbul setelah Presiden Donald Trump berkuasa. Salah satu keputusannya yaitu Trump meminta GM (Government Motors) untuk lebih fokus ke pasar otomotif Amerika guna mengurangi defisit neraca perdagangan. Ini membuat GM tertekan dan hal itu juga merupakan salah satu faktor mengapa GM menutup pabriknya di Korea dan negara-negara lain.



Be the first to comment

Leave a Reply