Categories: Otomotif

Inilah Mobil Hybrid Pertama di Dunia

Belakangan, mobil jenis EV (Electric Vehicle) atau mobil listrik dan mobil hybrid banyak digandrungi di belahan dunia manapun. Isu semakin menipisnya cadangan minyak dunia hingga isu rusaknya lingkungan akibat polusi udara, membuat kehadiran mobil jenis ini disambut baik. Dan tahukah anda inilah mobil hybrid pertama di dunia, yuk kita kulik selengkapnya.

Baca juga: Apa Bedanya Mobil Listrik dengan Hybrid?

Lohner Porsche Semper Vivus

Tahukah anda, jika mobil hybrid sebenarnya sudah ada sejak tahun 1900. Adalah Prof. Fredinand Porsche yang pertama kali menciptakan mobil jenis hybrid ini.

Saat itu Prof. Porsche masih bekerja di Lohner Coach Factory di Viena Austria. Saat bekerja inilah pria kelahiran Austria 3 September 1875 ini kemudian berhasil menciptakan sebuah penemuan baru terpenting di dunia otomotif. Mobil hybrid pertama ini kemudian dinamai Lohner-Porsche.

Mobil Lohner-Porsche ini menggunakan mesin bensin yang difungsikan untuk menggerakkan generator sehingga bisa menghasilkan daya listrik yang kemudian disalurkan melalui motor di roda depan.

Sejalan dengan perkembangan zaman, mobil Lohner-Porsche itu terus mengalami pengembangan. Dan kemudian menjadi cikal bakal dari mobil hybrid fungsional pertama di dunia yang diberi nama Lohner-Porsche Semper Vivus.

Lohner-Porsche Semper Vivus dipamerkan pertama kali saat ajang Paris World Exhibition pada tahun 1900. Kontan kehadiran mobil dengan teknologi keren ini, membuatnya jadi pusat perhatian pengunjung kala itu.

Kecerdasan Prof. Porsche dalam menciptakan mobil keren terus mengalir. Setelah mobil hybrid Lohner-Posche, kemudian juga menciptakan sebuah mobil balap yang menggunakan 4 buah motor listrik di keempat rodanya.

Prof. Porsche berhasil membangkitkan era otomotif berteknologi mesin hybrid di dunia. Namun sangat disayangkan, seiring ditemukannya sumber minyak baru keberadaan mobil hybrid seakan tenggelam ditelan waktu. Kendaraan ber-BBM merajalela seantero dunia. Kejadian ini sekitar tahun 1930-an.

Kendaraan ber-BBM pun mendominasi hingga saat ini. Namun seiring semakin pedulinya masyarakat dunia tentang bahaya emisi yang dikeluarkan kendaraan BBM, maka kendaraan hybrid dan listrik kembali ‘booming’ di awal abad 20.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024