Inilah Alasan Valentino Rossi Posisi 10 Tes Buriram Day-3, Klasik !



Inilah Alasan Valentino Rossi Posisi 10 Tes Buriram Day-3Kedua pembalap tim Yamaha Movistar begitu terbelenggu dengan masalah yang rumit di tes pra musim Thailand. Kendalanya memang bukan hal baru, masih seputar tahun lalu yaitu sektor karet bundar berikut daya tahannya dalam simulasi balap ( Long Run). Sementara Johann Zarco yang melaju dengan mesin satelit Tech 3 berada di barisan depan hampir sepanjang hari. Rossi dan rekan setimnya Maverick Vinales mendekam di posisi sepuluh besar. Dan inilah alasan Valentino Rossi posisi 10 tes Buriram Day-3.

Jadi Apa Masalahnya ?

Seperti dilansir Crash.net masalah tim Movistar berkutat pada daya tahan ban belakang,

“Kami selalu menderita dengan ban belakang dan kami menduga ada hubungannya dengan ban belakang. Bagi saya masalahnya adalah jika kita bisa turun trek dengan ban lebih lembut, kita bisa melaju lebih cepat. Tapi sayang saya kehilangan sebagian dari ban(aus), terkelupas (chunking), karena suhu bannya terlalu tinggi. Dan setelah itu memakai kompon ban yang sedikit lebih keras (Spek Austria). Memang ban akan kuat hingga akhir balapan tapi hasilnya lebih lambat.. Jadi kita harus banyak melakukan perbaikan terutama sehubungan dengan daya cengkram ban belakang. ” Kata pria berumur 39 tahun itu.

Zarco MotoGP M1- 2017

Zarco Tercepat dengan Ban Lembut (soft)

“Bagi saya, kami ( Movistar) banyak berbicara tentang chassis, kami banyak berbicara tentang elektronik dan segalanya, tapi sangat tergantung dari ban, karena terkadang jika kita mengganti ban akan mengubah semua perasaan (terhadap motor). Sangat mirip dengan tahun lalu dan seperti ini juga sangat sulit untuk mengembangkan motornya, karena terkadang masalah itu muncul dan setelah dua jam lenyap.”

Banyak Tugas

Sebagai tim pabrikan Rossi dan Vinales memang banyak menguji hal baru. Namun yang menjadi fokus adalah akselerasi melalui perbaikan dengan elektronik, area dimana Rossi merasa Yamaha tertinggal sejak perangkat lunak diseragamkan pada 2016. Dan Rossi banyak berbicara dengan semua insinyur Jepang dan mencoba memberikan semua masukan buat tim di markas Iwata.

Honda Lebih Kencang dari Ducati, Tanda-Tanda Nih

Honda Paling Tangguh

Dari dua sesi uji coba Sepang dan Buriram Rossi menilai Honda adalah yang paling konsisten terutama Marc Marquez.

“Saya pikir, dari yang saya pahami, satu-satunya pabrikan yang kompetitif di kedua trek (Malaysia dan Thailand) adalah Honda, terutama dengan Marquez dan juga Dani serta Crutchlow. Ducati cepat di Sepang dengan Lorenzo namun kini harus berusaha keras di Thailand, jadi kita harus menunggu Qatar untuk melihat apa yang terjadi.”

 



1 Comment

  1. Sama dengan Yamaha dan Suzuki, pabrikan Kawasaki juga ekspor motornya mengalami kenaikan, dari semula hanya 200an unit dalam sebulan, eh bulan Januari tahun ini bisa mencapai 937 unit, belum tahu produk apa yang diekspor PT. KMI ini keluar negeri, ada kemungkinan sih produk Kawasaki W175 nih pemirsa, CMIIW… TVS jadi pabrikan selanjutnya yang mengalami kenaikan penjualan ekspor, pabrikan India ini walaupun penjualan domestiknya cuma 31 unit, eh jualan ekspornya bisa berkali-kali lipat, di bulan kemarin saja pabrikan berlogo kuda lari ini bisa ekspor motor hingga 3.

Leave a Reply