Ternyata Perlakuan Produk Suzuki Beda di India, Ada Kastanya !

NEXA-dealer-maruti-suzuki-india
NEXA-dealer-maruti-suzuki-india

Semua produk mobil Suzuki di Indonesia memang terlihat biasa saja. Tak ada yang harganya sampai tembus lebih dari Rp 500 jutaan. Tak ada perlakuan khusus untuk semua jenis mobil apapun segmen atau kelasnya. Dan semua dijual di satu dealer Suzuki, untuk semua varian dan model tak ada beda. Hal ini ternyata lain yang terjadi di India. Ternyata perlakuan produk Suzuki beda di India, ada kastanya ! Weladalah !

Baca juga: Beda Status Ignis di Indonesia dengan di India
maruti-suzuki-arena-dealer
(Foto: The Financial Express) maruti-suzuki-arena-dealer

Dibedakan Berdasar Kastanya

Itu kalau di Indonesia. Lain ceritanya yang terjadi di India. Maruti Suzuki ternyata mempunyai tingkatan (kasta) berbeda untuk semua produknya. Karena Maruti Suzuki India menyediakan 2 dealer yang berbeda yaitu Nexa dan Arena. Sama-sama merupakan dealer Suzuki, tapi keduanya memiliki perbedaan yang kontras. Dealer Arena merupakan dealer yang menampilkan mobil mainstream seperti Ertiga, Swift, Vitara Brezza, Wagon R, Dzire, Alto 800, Alto K10, dan Celerio. Untuk Nexa adalah dealer premium yang menjual Ignis, S-Cross, Ciaz, dan Baleno.

Di dealer Nexa, pelayanan yang diberikan serasa berada di dealer mobil mewah di Indonesia. Ada ruang khusus yang dilengkapi perabotan mewah, pelayanan dengan menggunakan gadget, wiraniaga yang serasa seperti punya asisten pribadi. Bahkan saat sudah membeli mobil maka dealer Nexa akan mengirim kue tart dan bunga beserta unit yang sudah dibeli ke rumah konsumen.

Hal ini lain yang terjadi di dealer Arena. Terlihat ruangannya biasa-biasa saja seperti kebanyakan dealer yang ada di Indonesia (atau India). Sentuhan modern didapat agar bisa membantu konsumen beradaptasi dengan teknologi gadget. Tak ada yang ‘wah’ dari dealer ini, karena memang diperuntukkan untuk konsumen menengah.

Hal ini memang terdengar aneh untuk orang Indonesia. Apakah perbedaan dealer ini juga berdasarkan pada kasta golongan pada tingkatan masyarakat India ? Karena jika ditilik dari harga, harga Ignis jauh lebih murah daripada Brezza. Selidik punya selidik ternyata kebanyakan yang membeli Ignis dan teman-temannya di dealer Nexa adalah orang kaya yang membeli mobil untuk dijadikan mobil kedua, ketiga dan seterusnya. Sedangkan dealer Arena kebanyakan konsumennya adalah kaum menengah. Untuk itulah Maruti Suzuki memisahkan beberapa produk mobilnya ke dua dealer yang berbeda. Weladalah !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*