Fairing Yamaha Tidak Boleh Dipakai di MotoGP 2019, Aturan Lebih Ketat

Winglet M1 Yamaha 2018
Fairing Yamaha tidak boleh dipakai di MotoGP 2019 – Tim Teknik MotoGP yang dikepalai oleh Danny Aldridge saat ini sedang menggodok aturan yang lebih ketat tentang fairing. Diharapakan dengan regulasi baru ini kesan bahwa MotoGP melarang penggunakan rekayasa downforce pada balap motor akan menjadi jelas. Aturan baru itu jika lolos akan berisi tentang panduan apa yang boleh dan tidak diperbolehkan untuk generasi baru Aero-Fairing. 

Komparasi GP18 dan RC213V 2018Winglet Dilarang

Seperti kita ketahui tahun sebelumnya tepatnya musim balap 2016 winglet dilarang. Pelarangan itu karena masalah keamanan. Sayap yang terlihat menyembul keluar memang terlihat berbahaya (walau belum pernah kejadian fatal). Winglet ini dilarang di akhir 2016, dengan keluarnya peraturan dari pihak penyelenggara MotoGP, seperti dilansir crash.net,

“Perangkat atau bentuk yang menonjol dari fairing atau bodywork dan tidak terintegrasi dalam satu kesatuan bodi motor ( sayap, sirip, tonjolan, dll). Yang dapat memberikan efek aerodinamis tidak diizinkan. Direktur Teknik akan menjadi hakim tunggal yang menentukan apakah desain perangkat atau fairing sesuai dengan definisi di atas.”

Namun sepertinya ada beberapa aturan yang tidak seluruhnya menyelesaikan masalah sebelumnya. Justru beberapa menimbulkan pro kontra. Bahkan bisa dibongkar pasang, memakai setengah atau seluruh dari desain yang sudah diajukan.

Aturan 2019 akan memperketat rancangan sebuah desain fairing. Beberapa tim mengarah ke desain Ducati yaitu mengkotak sementara Yamaha lebih cenderung seperti model sayap (winglet) yang dimodifikasi mirip bumerang.

Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGPYamaha “Terpaksa” Diloloskan

Saat tes Valencia (2016) Yamaha sepertinya menggunakan perangkat yang menjadi kontroversi modelnya antara winglet dan fairing. Rupanya ini adalah kecerdikan Yamaha dalam menyiasati celah dari aturan yang sudah ditentukan sebelumnya. Walau terlihat pada awalnya melanggar aturan, namun ketika dimodifikasi akhirnya panitia terpaksa harus meloloskan karena memang secara regulasi tidak melanggar dan memiliki unsur ‘campuran’ yang bisa lolos dari pelarangan. Namun untuk 2019 sepertinya fairing Yamaha ini akan dilarang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*