Motor Klasik Ini Dibanderol Rp 12 Miliar Tinggal Sisa 19 Unit

Vincent Black Lightning vintage
‘Motor mahal’, berapa rupiah sih patokan harga sebuah motor bisa dikatakan mahal ? Jawabannya macem-macem. Variatif tergantung kondisi kantong pribadi tentu saja. Lha, anda bakal tercengang dengan motor satu ini. Maklum harganya setara sebuah mobil sport mewah. Motor klasik ini dibanderol Rp 12 Miliar tinggal sisa 19 unit, buruan kalo punya uang beli gih ! Bisa jadi investasi.

Baca juga: Beli Motor Mahal apa beli ‘prestise’ ..?
1951-vincent-black-lightning-at-bonhams-auction
(Foto: CarAndBike) 1951-vincent-black-lightning-at-bonhams-auction

Vincent Black Lighting 1951

Bagi pencinta motor klasik, motor satu ini pasti jadi incaran. Pada sebuah acara lelang yang berlokasi di Bonhams Las Vegas Amerika, sebuah Vincent Black Lighting 1951 laku terjual dengan harga US$ 929.000 atau setara Rp 12,377 miliar.

Motor klasik ini hanya diproduksi 30 unit saja di seluruh dunia. Dan kabarnya hanya ada sisa stok 19 unit saja. Jadi tak heran jika bisa laku dengan harga yang fuantastis. Tak hanya klasik dan langka namun juga bersejarah.

Vincent Black Lighting 1951 ini merupakan metamorfosis dari Black Shadow. Untuk diketahui, Black Shadow adalah motor superbike pertama didunia yang dinobatkan sebagai motor paling kencang. Doi bisa mengalahkan mobil sport Jaguar XJ120 pada 122 mph kala itu.

Vincent Black  Lighting ini punya mesin yang memiliki kemampuan hingga 70 dk dengan berat sekitar 360 pound. Motor ini pernah dipakai Tony McAlpine lalu membawanya ke Australia. Legenda balap Jack Ehret juga pernah menungganginya dan berhasil memenangkan banyak kejuaraan. Pernah juga digeber hingga 141,5 mil/jam dan berhasil membukukan rekor baru saat itu. Namun entah kenapa, kemudian Jack Ehret mem-pensiun-kan motor legendaris ini hampir 50 tahun lamanya.

Bukan Yang Termahal

Meski Vincent Lighting 1951 ini laku terjual dengan harga selangit, ini masih belum memecahkan rekor Harley Davidson FLH Custom ‘Captain America’. Motor Special Edition ini mampu menorehkan rekor penjualan termahal yaitu tembus diangka £836,337 atau setara Rp 15 miliar.

 

Be the first to comment

Leave a Reply