Inilah Kesan Rossi, Vinales, Marquez dan Pedrosa Tentang Fairing Baru, Menarik !

Inilah Kesan Rossi, Vinales, Marquez dan Pedrosa Tentang Fairing Baru
Fairing atau bentuk motor tim resmi MotoGP 2018 memang terlihat revolusioner. Walau sudah didahului oleh Ducati beberapa tahun yang lalu. Dan secara resmi penampakannya bermunculan di tes hari kedua Sepang-Malaysia. Tidak kurang dari lima pembalap uji cobakan perangkat aerodinamika ini setelah didahului oleh tes rider mereka beberapa hari sebelum tes resmi. mereka adalah Maverick Vinales dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) kemudian Marc Marquez  dan Dani Pedrosa (Repsol Honda). Dan inilah kesan Rossi, Vinales, Marquez dan Pedrosa tentang fairing baru itu.

Setelah hari kedua tes Sepang sepertinya pembalap Yamaha sangat suka dengan fairing model baru, sementara disisi lain rider Honda masih belum yakin akan efektivitas part baru itu untuk bertarung musim ini.

Valentino Rossi ‘Saya Suka’

“Saya mencoba fairing dengan aerodinamika baru dan itu bagus, saya suka, ini lebih baik. Khususnya apa yang saya rasakan saat mencoba fairing jenis ini(model terbaru). Saya merasa lebih banyak kontak (ban) bagian depan(dengan aspal). Jadi saat kita harus mengendarai motor di tikungan, akan merasa lebih banyak kontak di bagian depan, itu lebih mudah. Pun juga tidak menuntut fisik Jadi begitulah hasilnya dan saya tidak memiliki poin negatif( tentang fairing baru itu). “

Maverick Vinales ‘Meningkat Pesat’

“Ya, fairing baru memberikan peningkatan dalam akselerasi, di sektor terakhir saya mengalami peningkatan pesat, ini penting untuk trek seperti Austria dan Le Mans, dengan banyak wheelie(roda depan mengangkat). Tapi pastinya di trek lain kami tidak inginkan untuk menggunakannya (mungkin seperti Australia), dengan banyak angin – karena mungkin di beberapa bagian di tikungan itu menjadi semakin buruk. Tapi seperti yang saya katakan, akselerasi juga sangat penting. “

Marc Marquez ‘Khawatir’

“Tentu saja target utama fairing baru adalah (mencegah)wheelie. Mencoba untuk menghentikan wheelie, coba untuk memiliki downforce yang lebih baik. Tentu saja akan kehilangan sedikit top speed . Kestabilan pengereman menjadi lebih baik, tapi kemudian saat kita mulai masuk ke tikungan sepertinya motor lebih sulit. Di tikungan cepat juga terlihat sedikit lebih susah. Saya pikir dengan fairing baru kita perlu menemukan keseimbangan motor yang bagus karena untuk satu lap saya bisa memamcu motor dengan baik dan cepat. Tapi untuk menjaga tetap konsisten saya sedikit takut bahwa ban depan akan menjadi terlalu panas atau sesuatu seperti itu.”

Dani Pedrosa ‘Ragu’

“Kami hanya memiliki spesifikasi ini, tapi perasaan pertama setelah (menggunakannya)sekarang, kami memiliki beberapa informasi (dengan fairing baru itu) sehingga mereka (tim) dapat bekerja lebih banyak dalam fairing baru itu, agar mereka bisa melihat apakah tetap memakainya, memodifikasi, atau tergantung pada permintaannya.”

Be the first to comment

Leave a Reply