Karena Polusi China Putuskan Hentikan 553 Model Mobil di Tahun 2018

polusi udara di china sangat parah
_Foto: Kompas Internasional) polusi udara di china sangat parah

Masalah emisi karbon menjadi masalah utama bagi pemerintah China. Karena kadar emisi karbon di beberapa kota besar seperti Beijing sangatlah mengkhawatirkan, meski pencanangan penggunaan mobil listrik sudah dilakukan. Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Karena Polusi China Putuskan Hentikan 553 Model Mobil di Tahun 2018.

Baca juga : 10 Motor China Yang Diakui Negara Eropa !!!

Polusi di China Stadium 4

Pemerintah, dalam hal ini China Vehicle Technology Service Center mengumumkan bahwa pemerintah akan menghentikan produksi 553 mobil produksi lokal di China. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah mobil bensin yang menjadi penyebab memburuknya emisi karbon selama ini.

Kenapa tingkat polusi di China disebut stadium 4 ? Karena kondisi udara di beberapa kota terutama kota besar sudah kritis sangat mengkhawatirkan dan cenderung berbahaya bagi kesehatan.

Tentu hal ini juga akan berdampak pada beberapa produsen mobil asing ternama seperti Mercedes-Benz, Audi, dan Chevrolet.

Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari beberapa model mobil penumpang yang diproduksi di China, rata-rata yang terkena imbasnya adalah jenis sedan. Besaran angka hanya 553 unit ini adalah jumlah yang sangat kecil mengingat jumlah produksi mobil di China mencapai jutaan unit per tahun.

Ini pertama kalinya China mencanangkan kebijakan ini. Sejak keseriusan pemerintah China untuk menurunkan angka emisi karbon didengungkan beberapa waktu lalu. Dan pemerintah China juga mulai ada wacana untuk melarang penjualan kendaraan bermesin bensin dan solar seperti yang diberlakukan di beberapa negara di Eropa.

Mungkin ini bisa ditiru di beberapa negara lain. Indonesia? Mungkin akan sangat sulit melakukannya karena sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menyukai mobil bensin daripada mobil listrik.

Be the first to comment

Leave a Reply