Valentino Rossi Buka Rahasia Ritual dan Kaus Kaki Ghoib… Ternyataaa… !!



Valentino Rossi Ritual
Valentino Rossi Ritual

Kebiasaan yang dilakukan rutin (Ritual) Valentino Rossi sepertinya sudah menjadi brand bagi The Doctor. Tidak ada yang menirunya karena memang terlihat unik. Mungkin bagi kita yang punya kepercayaan itu adalah sebuah doa. Atau ritual Ghoib?. Sebelum turun lintasan, dia berlutut di sisi motornya. Tidak sedikit yang mengatakan itu sebuah rangkaian ritual takhayul. Namun apa latar belakang dan asal muasalnya? Berikut Rossi buka rahasia ritual .

baca juga : Valentino Rossi : Mengendarai Motor Adalah Seni !!!
Valentino Rossi Buka Rahasia Ritual Sebelum Balap
Valentino Rossi Buka Rahasia Ritual Sebelum Balap

Baju Balap Kesempitan

Seperti biasa Valentino Rossi membuka pembicaraan dengan bercanda. “Gerakan ini dimulai pada awal karir saya.. yaitu, 30, 40 tahun yang lalu”. Lalu Valentino melanjutkan bahwa kejadiannya saat dia memulai karirnya di Aprilia pada tahun 1996 di kelas 125cc. Dimana saat itu dia sudah melakukan gerakan jongkok didekat sepeda motornya sebelum balap. Namun gerakan itu memiliki alasan praktis. “Awalnya saya tidak memiliki baju balap yang pas dengan ukuran saya, saya punya satu jaket kulit dan berjongkok agar lebih pas”.

Jadi alasan kenapa dia jongkok adalah agar baju balapnya enak atau pas posisinya. Namun setelah Valentino menangi sembilan kali gelar juara dunia, menangkan 115 kali race, 227 podium dan 64 pole, Valentino Rossi memiliki baju balap yang sudah disesuaikan dengan sempurna(tentunya karena mahal), namun gerakan jongkok tadi bertahan “Saya terus melakukannya, itu menjadi ritual untuk berkonsentrasi. Tapi saya tidak berbicara dengan motornya, setidaknya sekarang”.

baca juga : Filosofi Valentino Rossi : Motor Adalah Ibarat Wanita Weleh Mosok sih..??
Valentino rossi-stretch
Valentino Rossi

Ritual lain dari Dokter

Ternyata memang Valentino Rossi menjadi pusat perhatian. Terbukti banyak tahu ritual yang dilakukannya. Mungkin bagi yang tidak suka akan melihat ini sebagai tindakan yang tidak penting. Namun Faktanya media luar mengulik aksi Valentino Rossi ini. Setiap apa yuang dilakukannya selalu menjadi bahan berita. Apa saja ritual itu :

1.RITUAL KAUS KAKI –

Saat bebergian ke luar negeri yang mendapat perhatian khusus penataan kaus kaki di kopernya, dan ini sudah terkenal. Kaus kaki ini dikemas dalam koper dengan cara tertentu ada urutannya. Beberapa kaus kaki ada yang lebih penting daripada yang lain. Memilih Kaus kaki yang dipakai dalam latihan bebas, kualifikasi dan dalam Race. Sepintas memang kaus kaki itu semua terlihat sama, tapi Valentino yang paham perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Yang dipakai di sirkuit dan di rumah Rossi juga mengatur benda-benda itu dengan cara yang sangat rapi. Ini adalah sebuah rahasia untuk menjaga konsentrasi agar tetap tinggi.

2.RITUAL BAJU BALAP –

Ada yang unik dilakukan Rossi pada baju balapnya. Yaitu saat di garasi sebelum mendekati pit lane. Dia menyentuh bahu, tangan dan kaki secara berurutan.

3.URUTAN PAKAI RIDING GEAR

Kemudian memakai helm, baju balap, sarung tangan dan sepatu bot selalu dilakukan dengan urutan yang sama.

4. GERAKAN di PIT LANE

Begitu pula saat dia memasuki pit lane, ada gerakan yang selalu dilakukan dengan rutin yaitu sentuh perut bagian bawah, pertama di depan dan kemudian di belakang.


Awalnya memang semua dilakukan saat baju balapnya kurang enak atau pas shingga Rossi mealukan irtu semua… Namun sepertinya setelah bajunya dibuat sangat bagus dan tentunya teknologi tinggi pembuatan baju balap serta bahan yang nyaman. Rossi tetap melakukan “ritual” itu.. mungkin karena kebiasaan. Dan Rossi berkata bahwa semua itu tidak ada hubungannya dengan sebuah kesuksesan atau kegagalannya.

“Pertama, (lakukan gerakan) itu karena baju balapnya terlalu sempit/ ketat dan sebagian besar tertarik sebagian besar di area kaki. Sekarang saya melakukannya hanya agar bisa berkonsentrasi lebih baik. Saya memiliki karir sukses dan kegagalan dimana sama sekali tidak ada hubungannya dengan semua ritual ini”. Valentino Rossi pun menutup pembicaraan dengan sedikit bercanda.

Foto bokong Valentino Rossi
Foto bokong Valentino Rossi



2 Comments

Leave a Reply