Setelah Di-Showcase, Kapan Mobil Pedesaan Diluncurkan?



Setelah Di-Showcase, Kapan Mobil Pedesaan Diluncurkan
daihatsu F-Concept mobil pedesaan

Setelah Di Showcase Kapan Mobil Pedesaan Diluncurkan – Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, mobil pedesaan hasil produksi dalam negeri menjadi bahan pembicaraan hingga kini. Dengan desain dan keandalan dalam menembus jalan pedesaan, sebenarnya mobil ini sudah OK, namun kapan mobil ini benar-benar akan diproduksi dan dijual oleh IOI (Industri Otomotif Indonesia)?

Baca juga : Spesifikasi ‘Balis’ Motor Listrik Buatan Selis Indonesia
Setelah Di-Showcase, Kapan Mobil Pedesaan Diluncurkan
(Foto : OtomotifMagz) mobil pedesaan buatan Indonesia

Persiapan Selama 2 Tahun

Dalam prosesnya, setidaknya dibutuhkan 2 tahun untuk mempersiapkan jaringan dan ketersediaan komponen mobil pedesaan. Namun, perkiraan menyebutkan jika mobil pedesaan siap dipasarkan pada semester kedua tahun 2018. Jadi masih harus menunggu cuckup lama untuk menanti mobil pedesaan.

Untuk mengembangkan mobil pedesaan tentu tidaklah mudah. Namun, dengan dukungan dari Dirjen ILMATE (Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika) dan Dirjen IKM dari Kemenperin (Kementerian Perindustrian), maka IOI akan lebih mudah merangkul semua pelaku industri nasional untuk terlibat dalam produksi mobil pedesaan.

Presiden IOI I Made Dana Tangkas mengatakan

“Kita masih dalam persiapan, secara penjadwalan kita lagi bahas. Prototipenya sudah ada. Ya mungkin ancang-ancang tahun depan apakah di kuartal ketiga atau kempat”

Beberapa perusahaan yang akan diboyong IOI antara lain Wintor, Quick (PT Karya Hidup Sentosa), Fin Komodo, dan lainnya. IOI berharap bisa membawa mobil pedesaan ke pasar Indonesia dengan cepat. Selain mereka, IOI juga menjalin kerjasama dengan Kiat Mahesa Nusantara yang sama-sama membuat prototipe mobil pedesaan.

Mobil pedesaan ini akan dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk para petani atau pekebun. Yaitu antara Rp 60 juta hingga Rp 80 juta saja.

Be the first to comment

Leave a Reply