Categories: Sepeda Motor

Spesifikasi All New Panigale V4 2018, Superbike Pakai Teknologi MotoGP Beneran !!

New Ducati Panigale V4 MY2018

Sepertinya Ducati tidak main-main dengan varian superbikenya kali ini, semua teknologi MotoGP yang mungkin diaplikasikan ke varian jalan raya dijejalkan ke All New Panigale V4 2018, keinginan kuat untuk bersaing dikelas motor super yang bisa dipakai di jalan raya ini bukan isapan jempol belaka, sebuah kode keras buat Kawasaki.
Dan genderang perang itu hari ini ditabuh dengan meluncurkan pasukan sepeda motor merah nan beringas dengan solusi teknis dari MotoGP… Warbyazahh…



New Ducati Panigale V4 MY2018

Apa saja poin penting yang membuktikan New Ducati Panigale V4 MY2018 sarat dengan teknologi MotoGP?

Ducati V4 90° Desmosedici MotoGP

Bukan tanpa alasan Superbike Ducati paling bontot ini gunakan type V4 dengan 90°, sebuah solusi teknis dengan terapkan teknologi mesin MotoGP Desmosedici.

Counter-rotating crankshaft

Untuk sepeda motor versi jalan raya putaran arah crankshaft pada mesin sama dengan arah putaran roda, sementara di MotoGP memakai sistim counter-rotating crankshaft yang artinya arah putaran berkebalikan dengan yang digunakan saat ini, lagi lagi ini adalah solusi nteknis dari MotoGP.

“Twin Pulse” firing order

Satu lagi teknologi yang penting adalah pengapian sebagai sumber tenaga di ruang bakar, di superbikenya mereka juga menerapkan teknologi Desmosedici GP dimana crank pins memakai offset 70° sama dengan MotoGP, mereka menyebutnya “Twin Pulse” firing order diman dengan sistim ini akan menghasilkan tenaga yang mudah untuk dikendalikan dengan traksi yang optimal saat keluar tikungan seperti efek pengapian BIG BANG, inilah sebuah keunikan sistim pengapian/ firing order dari Desmosedici Stradale sekaligus punya suara khas.

New Ducati Panigale V4 MY2018

Desmodromic system

Desmosedici Stradale ini didesain dengan sistim desmodromic sebagai kunci dari semua performa motor.

Penyempurnaan suspensi

New Panigale V4 dilengkapi dengan merk Showa dengan piston besar diameter 43 mm/Big Piston Fork (BPF) dan fully adjustable.

Velg dan ban

New Panigale V4 dilengkapi denga Velg 3 palang aluminium cast, sedangkan versi new Panigale V4 S dan Panigale Speciale dilengkapi dengan velg 3-palang jenis aluminium alloy.

New braking system

Sektor penghenti laju juga diperbaharui pada Panigale V4 dengan new Brembo Stylema® monobloc callipers dipadu dengan high performance M50 callipers yang sama sekali baru.

New Ducati Panigale V4 MY2018

Tangki Racing

Kedekatan New Panigale V4 dengan dunia balap di wujudkan dengan tangki aluminium yang ringan dengan kapasitas16 liter, dan uniknya ada sebagian yang berada di bawah jok layaknya motor balap masa kini, atau ini salah satu trik pembagian berat.

Innovative “Front Frame”

Front Frame yang terbarukan menjadi mudah terlihat sebagai bagian dari sepeda motor baru ini yang menyatu dengan fairing nan praktis yang mampu disesuaikan dengan kebutuhannya.

New Ducati Panigale V4 MY2018

“Double Layer” fairing

Demi alasan sebuah kemudahan dan integrasi mengilhami para desainer meracik fairing dengan solusi double layer, bagian luar utama yang meringkas tampilan samping agar tidak terlihat memanjang, dan bagian sekunder yang berfungsi sebagai ekstraktor udara untuk radiator pendingin mesin.

“Diamond” tank

Kelenturan model diamond tank dari model khas Ducati, memberi kenyamanan rider saat mengendarainya.

Ekor mungil nan indah

Tail guard untuk versi single-seater, menjadi satu bagian yang menyiratkan motor ini siap untuk dipacu di trek-ready-to-race.

New Ducati Panigale V4 MY2018

Berikut Spesifikasi All New Panigale V4 2018 ( Final Specification)

KUBIKASI : 1103 cc

POWER: 157.5 kW (214 hp) @ 13,000 rpm

TORSI: 124.0 Nm (91.5 lb-ft) @ 10,000 rpm

BERAT: 175 kg
SEAT HEIGHT: 830 mm

FITUR: Riding Mode, Power Mode, Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DSC), Engine Brake Control (EBC) EVO, Auto tyre calibration.

Kita lihat saja kiprahnya di ajang WSBK… Ciao.. !!
Atau kita nunggu versi 250cc..  😀

 

This post was last modified on 6 November 2017 07:50

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024