Mira, Mobil Matik Pertama Buatan Daihatsu

Mira, Mobil Matik Pertama Buatan Daihatsu
Mira, Mobil Matik Pertama Buatan Daihatsu

Daihatsu Mira lahir 37 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 10980-an. Inilah mobil Daihatsu pertama yang mengadopsi transmisi otomatis.

Mobil Daihatsu Mira adalah salah satu pionir yang mengusung model kei car matik. Dulu matik hanya punya 2 percepatan dengan mesin hanya berkapasitas 547 cc dan 617 cc.

Namanya aja kei car atau mobil kecil pastinya konsumen yang disasar adalah kaum hawa alias kaum wanita. Di tahun 1980-an kaum wanita di Jepang sudah mulai berpikiran maju untuk ikut beraktifitas di luar rumah.

Peluang inilah yang kemudian dibidik oleh Daihatsu. Kaum wanita Jepang saat itu sudah banyak yang mulai belajar menyetir mobil sendiri. Untuk mobil jenis manual agak merepotkan dan dipandang enggak praktis oleh wanita.

Di luar dugaan, Daihatsu Mira matik ini tak hanya sangat disukai wanita Jepang namun juga dari berbagai kalangan dan penjualannya pun meledak hebat. Hanya dalam kurun waktu 6,9 tahun, Daihatsu Mira membukukan penjualan sebanyak 1 juta unit. Jumlah yang WOW pada zaman itu.

Be the first to comment

Leave a Reply