Honda CRF150L, Bukan Sekedar Verza Modif..!!!

patent Honda CRF150L
Honda CRF150L

Membicarakan sepeda motor baru selalu asyik… Mungkin banyak beberapa penikmat roda dua yang awam- kebanyakan ( atau sengaja mengawamkan diri) yang menyatakan bahwa calon dual sport Honda CRF150 adalah tidak lain merupakan Verza yang dimodif off road… yaaa banyak komentar miring yang sejatinya belum ngeh dengan kualitas CRF bilang motor modifan… Honda CRF150L, Bukan Sekedar Verza Modif bro… memang ungkapan ini muncul kala beberapa sumber menyatakan basic mesin menggunakan varian “sport- entry level” Honda itu… ? salahkah..?
Salah besar… hal ini terungkap dari penuturan blog wak haji Taufik di artikelnya disini dimana beliau selalu “smart” meluruskan dan mencerahkan dengan perlambang yang tersamar namun sangat mengena.. salah satu kutipan yang RT minyak… ehh simak adalah…. (dengan kalimat dikisahkan)



“Kualitasnya juga dikisahkan jauh lebih tinggi dari Verza 150 . . sudut kemiringan, torsi kekencangan dari baut CRF150L pun di kisahkan berada di angka 20 kgf diatas torsi dari kekencangan baut pada Honda Verza…”

Ukuran torsi dalam mengencangkan baut merupakan hal yang sangat penting diperhatikan ( dengan kunci torsi / torque wrench), Jika ukuran kencangkan torsi tidak tepat dan tidak terukur bisa berakibat fatal pada mesin terlalu kuat atau terlalu lemah dapat mengakibatkan malfungsi atau gagalnya fungsi bagian tersebut.
Dilihat dari kekencangan pada bagian yang sama bisa dilihat “grade” dari CRF ini bukan hanya ‘Verza yang dimodif’…

Gambar patent Mesin Honda CRF150L
Gambar patent Mesin Honda CRF150L

Beberapa detail menarik lainnya yang membuktikan TMCblog juga sudah mengendus beberapa keunggulan CRF ini adalah adanya beberapa poin berikut:

  • Up side Down Special Off Road ( berbeda dengna fork USD biasa)
  • Speedometernya LCD
  • Pass Beam buat dimmer Head lamp ( artinya sudah siap On Road)

Pastinya Honda sudah memikirkan perlakuan terhadap motor dengan peforma tinggi karena motor Off Road adalah motor yang dipakai di medan berat…. bukan motorGP(motor Gampang Prothol) … dilihat dari harga jika benar di kisaran 30 jutaan… dipastikan kualitasnya akan setara dengan CBR, karena dia plus USD kalau harganya beda ya  wajar mas bro.. yo pora?

gambar patent Honda CRF150L
Honda CRF150L

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page