Waspada Mileage ‘Motor Tua’ Kita…!!!

Seiring berjalannya waktu kondisi motor kita pastinya akan jauh dari standart..tanpa perhatian dan perawatan tentunya usia motor kita akan cepat dari usia umunya…tua sebelum waktunya 🙂 lalu apa hubungannya mileage dengan usia motor..??

Irit tidaknya sebuah kendaraan memang banyak faktornya selain non teknis juga ada..kali ini sehubungan dengan usia motor kita bicara masalah engine dan piranti pembakarannya saja..seperti busi,pengapian dan karburator (emang motor injeksi belum ada yang tua bangka) 🙂

Sebetulnya cara mudah mengetahuinya adalah cari referensi berapa standart mileage motor kita saat baru(mileage rata-rata gak masalah)..? misalnya 1: 30… nah bila setelah kita tes kok hanya sampai 20 km per liternya berarti ada yang gak beres… tinggal mengembalikan saja pada kondisi semula..kalau malas kebengkel yah diutak atik sendiri.. seperti bersihkan filter,karbu,ganti busi,atau kalau berat seperti stel klep lakukan di bengkel saja..sambil belajar lah …intinya selalu perhatikan konsumsi BBM kita kalau lebih boros jangan dibiarin saja…

Related Articles

17 COMMENTS

  1. Periksa juga giginya,, orang tua khan giginya pada rontok, ntar motor juga gitu, makin lama giginya makin kurang,, bukan begitu pak RT.. hihihihihi

  2. untuk motor tua sih yang perlu di perhatiin

    1. karbu
    2. kopling (kanvas, plat primer, sekunder)
    3. cek mesin perlu korter ga
    4. velg(udah peyang apa gak)
    5. dinamo stater
    6. magnet
    7. CDI/Platina
    8. Koil

    tapi yang paling utama sih untuk cek pertama
    1. Karbu
    2. dinamo stater
    3. CDI/Platina

    😉

  3. joss…kmarin pio ane taun 2004 cuma dapet 1:20-22an…abis peremajaan total bulan lalu, skarang 1:28-30an…
    tapi biaya peremajaannya itu yg bikin sesek… T.T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives