Motor Pelan Perlu Pakai Helm..??

Tanya: Pak RT, istri saya bawanya motor tidak lebih dari 40 kpj… mosok masih diharuskan pakai helm..?
Jawab: Lah itu kan kendaraan bermotor too…??
Tanya: Iya pak tapi kan kecepatannya sama dengan sepeda..??
Jawab: Iya juga yah…


Kadang pertanyaan sekitar masalah roda dua menarik untuk dibincangkan..seperti kejadian di atas ada yang menanyakan bagaimana kalau istrinya belanja dan dia tau benar istrinya itu gak bakalan berani ngebut..40 kpj sudah kencang katanya… trus ada lagi kasus naik motor cuma 200 meter apakah perlu pakai helm…?? (kalau dekat kenapa naik motor 😀 )
Monggo berdiskusi…

Related Articles

34 COMMENTS

      • aku pernah pak, kapok.
        Lha wong operasinya dijalan menuju pasar kambing (skr dekat java super mall semarang), krn sebelumnya gak kepikiran depannya tanjakan extrim (gombel), ban belakang ku kempesin. Operasi polisi bisa ku lewati sukses, tp timbul masalah, untuk cari tukang tambal ban buat mompa ban, kalo jalan maju terus jalannya nanjak, tapi kalo balik ada operasi tadi. Akhirnya kuputuskan jalan terus sampai ngosngosan karna nanjak, meskipun motor kondisi idup tetap gemrobyos.

  1. Yang foto di bali itu teman saya pernah mengalami, jadi dia bonceng temannya orang bali, dua-duanya gak pakai helm akhirnya ditegur polisi. “Mas, helmnya mana koq gak dipakai?” Trus dijawab “kan dekat pak, lagipula teman saya yang dibonceng gak pakai helm juga tapi kenapa cuma saya yang ditegur…?” Polisinya jawab “lha, dia kan pakai itu” sambil menunjuk pakaian adat yang dikenakan beserta udeng (tutup kepala). Jadi disana toleransi termasuk besar

  2. ane ga pake helm kalo mau jumatan, soalnya pake ga pake, pulangnya pasti jelas ga pake kok

    selama pelan, jalan kampung ga apa lah, yah walaupun jalan pelan aspal ga empuk, tapi seengaknya sepeda aja yang samapelanya kalo jatuh toh aspalnya ga empuk

    intinya sesuai kebutuhan aja, lha mau kemesjid pake sepeda, berangkat 20 menit, pulang bisa 1,5 jam

    kalo pake motor berangkat pake helm sepatu, pulang ga pake helm, ga pake sepatu

    pake helm bukan karena ada polisi juga, tapi kita butuh, kalo emang ga butuh, ya ga di pake, lagian di luarnegeri banyak yang gapake helm kalo kecepatanya di bawah 40 kpj,

    lagian sekolah, instalasi macem macem kok sekarang,harus pake pakean adatlahinilah itulah, pake helm ga bisa, pake angkutan umun ga ada akses, telat salah, ya sudah, kalo ga pake helm ya cukup safty riding dengan sikap,

    • tetep lebih baik jumatan jalan kaki nambah pahala bro…. setiap langkah mendapatkan 1 pahala…. hihihihihi

  3. kalo jarak deket ya jalan kaki… kalo jarak +2km naek motor… pake helm pula…
    kalo ane pernah berantem ama bini karena gak pake helm… ketilang bayar 50rb cincai lah… kalo mukanya rusak ya jadi berabe urusan… tinggal beli helm buat anak… nyari yang 2 taon susah bener…

    :mrgreen:

  4. pengalaman temenku waktu sma dulu, pake helm cetok, cuma jalan sekitar 30km/jam, senggolan ama motor lain yg juga jalan lambat, keduanya terjatuh.
    Temenku tidak sedikitpun keliatan terluka, malah lawannya yg lecet lecet.
    Keanehan baru timbul sekitar 2 jam kemudian, dianya spt orang kesurupan, lalu oleh pihak sekolah dibawa ke RS, tapi ajal menjemput sblm sampe RS.
    Akhirnya pihak sekolahan melarang penggunaan helm cetok, jauh sblm pelarangan oleh pemerintah.

  5. di jalan sekarang helm itu wajib dipakai pak RT
    kan kita tidak tahu apa yg terjadi / apa yg menimpa kita nanti
    kalo pepatah jadoel bilang : “Sedia payung sebelum hujan”

  6. Sapety riding mas bro dan mbak bro.
    Kan lumayan jg tuh biar kpala ga kpanasan atau ke ujanan biar cm deket jg

  7. klo memang tujuannya dekat, alangkah baiknya dan memang lebih baik jalan kaki. kaki itu diciptakan oleh Tuhan salah satunya ya buat jalan kaki. lha klo motor dibuat kan untuk membantu si pejalan kaki tadi biar ga capek klo memang tujuannya terlalu jauh jika harus menggunakan kaki sendiri. ya itung2 olah raga dikit. kan klo gitu ga perlu lagi bingung mau bawa helm apa ga 😀

  8. Celaka itu datangnya gak disangka gak diduga.. seandainya kita tau kapan datangnya waktu apes, tentu kita pasti dan pasti akan mempersiapkan diri dengan segala bentuk perlindungan..

    Yang pake safety gear aja masih belum tentu selamat, apalagi yang gak pake..

  9. Saya punya tetangga Ibu2, naik motor di komplek perumahan…. ya mungkin kecepatan motor 40kpj… jatuh…. Alhamdulillah cuma patah tulang tangannya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives