Categories: MotoGP

Maverick Vinales : Peringatan Keras untuk Pabrikan Aprilia

RiderTua.com – Setelah tampil gemilang di GP Amerika dua pekan lalu, standar tinggi ditetapkan bagi Maverick Vinales. Tak pelak, rider pabrikan Aprilia itu pun dianggap sebagai salah satu favorit perebutan gelar dunia MotoGP musim ini. Tentu saja para penggemarnya juga ingin melihat aksi heroiknya pada balapan kandangnya di Jerez musim ini.

Dalam sesi latihan pada hari Jumat di trek kering, Vinales berhasil menempati posisi 3 dan 2 dan tampak mampu melanjutkan kesuksesannya di Austin. Namun hujan yang turun pada hari Sabtu tidak memberinya berkah apa pun. Hanya posisi ke-11 di kualifikasi dan tergelincir saat sprint Jerez, di mana trek masih memiliki beberapa bagian yang lembab. Ini adalah hasil yang sangat mengecewakan.

Maverick Vinales Membunyikan ‘Alarm’ untuk Pabrikan Aprilia Karena Harus Segera Mencari Solusi

Maverick Vinales mengatakan, “Kami memulai akhir pekan dengan sangat baik. Tapi kami kurang pengalaman dalam kondisi seperti itu. Kualifikasi sangat penting, tapi kami tidak melaju secepat yang lain dan saya tidak bisa memaksakan diri secara maksimal.”

Meski trek kembali kering pada Minggu sore, Vinales tidak bisa ngepush pada balapan utama GP Spanyol. Sementara Pecco Bagnaia (Ducati) yang start dari baris ketiga melaju ke depan seperti roket dan sempat memimpin di lap pertama, Vinales yang start dari baris keempat malah kesulitan untuk melaju.

Rekan setim Aleix Espargaro (crash pada sprint dan race utama) itu hanya berada di posisi ke-12 setelah satu lap dan terjebak dalam pertempuran di lini tengah dalam waktu yang relatif lama. Setelah 10 lap akhirnya dia mampu menyalip Raul Fernandez dan Jack Miller, kemudian mewarisi posisi lain setelah Jorge Martin crash. Meski begitu, rider berusia 29 tahun itu hanya mampu finis di posisi ke-9 kalah 11,217 detik di belakang pemenang Francesco Bagnaia.

Maverick Vinales

“Jika saya bisa start, katakanlah di posisi ke-5 maka saya punya peluang untuk naik podium. Tapi start dari posisi ke-11 di grid saya jelas kalah. Karena ketika saya melaju, saya hampir tidak bisa mempertahankan posisiku. Tidak mungkin untuk mengimbangi dan menyerang di awal,” jelas rider Spanyol itu.

Vinales menegaskan bahwa dia membunyikan alarm di pabrik Aprilia karena mereka benar-benar harus menemukan solusi terhadap masalah ini. Lebih jauh ke depan, dia bisa menyamai waktu 1:37 menit dari grup terdepan. Mereka terlalu lambat 1 detik di lini tengah.

Saat ini, jika Vinales frustrasi dengan balapannya dia tidak menunjukkannya. Sejak mulai membalap untuk Aprilia, dia telah menahan amarahnya dan berhati-hati untuk selalu menjaga keseimbangan positif secara keseluruhan saat mengkritik pabrikan.

“Kami telah meningkatkan perilaku start secara signifikan sejak tahun lalu. Tapi itu saja tidak cukup,” imbuh Vinales.

Dan ketika ditanya apa yang dia rencanakan untuk tes pada hari Senin? Pembalap yang saat ini berada di peringkat 5 dalam klasemen itu mencatat bahwa roda belakang agak bermasalah saat melakukan pengereman keras dan dibutuhkan lebih banyak traksi di area ini, terutama terkait dengan trek stop-and-go seperti di Le Mans (seri berikutnya dua pekan lagi). “Tetapi secara keseluruhan, saya merasa sangat baik,” pungkasnya.

This post was last modified on 29 April 2024 22:02

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Ruckus : Skutik Mungil 50cc dengan Tampilan Ala Adventure

RiderTua.com - Distributor dan juga produsen motor Honda di Amerika, Honda Powersport punya produk unik dengan nama Ruckus. Kembali meluncur…

19 June 2024

GAC Aion Siap Luncurkan Mobil Pertamanya di Indonesia!

RiderTua.com - Meski GAC Aion belum memulai penjualannya di Indonesia, mereka sudah siap untuk memperluas jaringan penjualannya disini. Termasuk mendirikan…

19 June 2024

Mobil Listrik Berjarak Tempuh Jauh Paling Banyak Dicari!

RiderTua.com - Mobil listrik yang dijual di Indonesia semakin beragam model dan jenisnya. Dari MPV, SUV, sampai mobil niaga semuanya…

19 June 2024

GAC Aion Mulai Membuka Dealer, Siap Rilis Mobil!

RiderTua.com - GAC Aion telah mempersiapkan segalanya untuk memulai penjualan mobilnya di Indonesia pada tahun ini. Dari jaringan penjualan sampai…

19 June 2024

Joan Mir akan Perpanjang Kontrak dengan Tim Pabrikan Honda, Tapi

RiderTua.com - Nama Joan Mir berulang kali dibicarakan di pasar transfer MotoGP. Seperti 10 pembalap lain yang menjadi starter saat ini,…

19 June 2024

Bergaya Neo-Sport Cafe, Honda CB300R Dapat Warna Baru yang Sangar!

RiderTua.com - Honda CB300R, nakedbike yang bergaya Neo-Sport Cafe pertama kali meluncur di tahun 2017. Kali ini baru saja mendapat…

19 June 2024