Categories: MotoGP

Inilah 5 Perseteruan MotoGP Paling Kontroversial Sepanjang Masa, Rossi Paling Populer dengan 3 Lawan Berbeda!

RiderTua.com – MotoGP adalah kelas balap motor tertinggi yang sangat dihormati para pembalap. Kelas premier juga memiliki beberapa nama paling terkenal yang terlibat dalam pertarungan epik di trek. Dan inilah 5 duel atau perseteruan paling fenomenal sepanjang sejarah kelas utama balap motor.

Di peringkat 5 ada duel sengit antara Kevin Schwantz vs Wayne Rainey. Perseteruan ini dimulai saat keduanya balapan di Amerika Serikat, Schwantz dan Rainey menjadi rival yang semakin berat saat mereka mengikuti kejuaraan dunia.

Salah satu tanda nyata ketegangan antara dua pembalap ini sebenarnya dimulai di Inggris ketika kedua pembalap secara konsisten saling bersitegang. Ketika keduanya pindah ke ‘MotoGP’, perseteruan mereka menjadi semakin besar dari tahun ke tahun karena mereka memperebutkan banyak gelar melawan satu sama lain.

Rainey lebih sukses di antara dua pemegang gelar asal Amerika itu. Dia memenangkan tiga gelar (secara berturut-turut) dibandingkan dengan gelar Schwantz yang hanya diraih pada tahun 1993, tahun setelah Rainey menyelesaikan tiga gelarnya.

Inilah 5 Perseteruan MotoGP Paling Kontroversial Sepanjang Masa

Di peringkat 4, perseteruan antara Valentino Rossi vs Max Biaggi. Bukan persaingan Rossi terakhir yang masuk dalam daftar ini, karena juara dunia 9 kali itu menjadi ‘magnet’ dalam menciptakan pertarungan terbesar dan terbaik karena kesuksesannya yang luar biasa. Tentu saja, kesediaannya untuk melakukan apa pun demi menang terlihat jelas sepanjang kariernya, dan salah satu momen terbesarnya yang menjadi sorotan adalah sebagai pembalap muda dia melawan Max Biaggi.

Max Biaggi – Valentino Rossi

Ketika Rossi bergabung dengan MotoGP, kedua pembalap asal Italia itu tidak butuh waktu lama untuk menjadi rival sengit. Seperti yang ditunjukkan pada tahun 1997 ketika semuanya dimulai di sebuah restoran. Saat itu Rossi diwawancarai oleh media di Suzuka yang membuat marah Biaggi ketika Rossi yang terkenal terlalu blak-blakan itu mengatakan, “Ketika Anda berbicara tentang saya, bilas mulut Anda terlebih dahulu!”

Sejak itu Biaggi mengatakan, “Menurutku kami adalah dua orang idiot yang mengobarkan perang satu sama lain melalui pers alih-alih mengklarifikasi secara langsung apa yang seharusnya kami lakukan.”

Di peringkat 3 ada duel Rossi vs Casey Stoner (dalam lebih dari satu cara). Rossi dan Stoner tidak diragukan lagi adalah dua talenta terhebat yang pernah ada di MotoGP, dan pertarungan mereka di trek menunjukkan hal itu. Namun selain di luar sirkuit, pasangan ini sama vokalnya satu sama lain. Terutama ketika Rossi pindah ke Ducati untuk mencoba menggantikan Stoner, sesuatu yang ternyata berakhir buruk. Stoner tidak selalu menyukai balapan keras yang dilakukan Rossi saat melawannya. Dan setelah insiden di Jerez, pembalap asal Australia itu mengatakan bahwa ambisi Rossi melebihi bakatnya.

Mengenai perseteruan mereka di Jerez, Stoner berkata, “Saat pertama dia merasa bangga, dia mengambil kesempatan tetapi membuat kesalahan besar. Pada dasarnya saya mengatakan (kepadanya) bahwa ambisinya lebih dari sekadar bakat yang dia miliki pada saat itu. Bagiku, ketika dia kembali ke garasi untuk meminta maaf dan dia masih mengenakan sarung tangan dan helm, saya tidak terlalu menghormatinya. Jika dia datang kepadaku dan tidak secara terbuka, maka itu akan berbeda. Namun saya sangat kecewa melihat cara dia masuk ke dalam garasi.”

Peringkat 2, perseteruan antara Jorge Lorenzo vs Dani Pedrosa. Rivalitas All-Spanyol, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa adalah rival yang sangat sengit sepanjang karir mereka. Lorenzo dan Pedrosa bertarung satu sama lain di setiap kelas dan dengan kebanggaan menjadi pembalap Spanyol tercepat yang dipertaruhkan, ambisi mereka membuat mereka bertarung hingga tingkat yang sangat kejam.

Banyak insiden yang terjadi di antara keduanya dan mengingat kembali persaingan mereka, Pedrosa menjelaskan, “Jika mengingat kembali, saya memiliki kenangan indah. Pada saat itu, itu adalah kenangan yang menegangkan dan tidak nyaman. Kami bertengkar hebat, ada gesekan, pernyataan keras, dan ketegangan di trek. Jika kita mengalahkan atau dikalahkan, bagi kami berdua, kekalahan itu sangat buruk.”

“Itu bukanlah kenangan yang bagus, tapi di masa lalu itu bagus karena kami saling mendorong sedemikian rupa sehingga menyebabkan kami menaikkan level kami ke titik di mana kami hanya tersisa dia dan saya, yang lain jelas selangkah di belakang,” ujar pembalap berjuluk Little Samurai itu.

Valencia 2013, Brno 2012 dan Jerez 2018 adalah beberapa pertarungan terbaik namun juga kontroversial di antara keduanya.

Valentino Rossi – Marc Marquez Sepang

Yang berada di peringkat 1 adalah perseteruan Rossi vs Marquez yang melegenda yang bertarung hingga tidak bisa akur kembali. Tidak diragukan lagi ini adalah persaingan paling buruk yang pernah terjadi di MotoGP, Rossi dan Marc Marquez akhirnya berselisih secara dramatis.

Semuanya dimulai pada tahun 2015 ketika Rossi tidak menyukai cara membalap Marquez. The Doctor percaya bahwa superstar Honda itu berusaha membantu Lorenzo dalam perebutan gelar bersama Yamaha.

Kemudian disusul beberapa bentrokan dengan insiden terkenal di Sepang atau yang kerap disebut ‘Sepang Clash‘, ketika Rossi menjatuhkan Marquez dari motornya setelah sengaja menghalangi jalannya. Keduanya kembali berseteru secara dramatis di Argentina 2018, ketika Marquez yang terlalu agresif menabrak Rossi, kali ini dia menjatuhkan juara dunia 9 kali itu.

Saat itu Rossi yang marah berkata, “Ini adalah situasi yang sangat buruk, karena dia menghancurkan olahraga kami, karena dia tidak memiliki rasa hormat terhadap rivalnya, tidak pernah. Ketika kita melaju 300 km/jam di trek, kita harus menghormati rival kita, kita harus kuat, kita harus tampil maksimal, tapi melakukan hal seperti ini bikin semuanya berakhir.”

This post was last modified on 14 Januari 2024 15:15

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024

Subaru dan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil Subaru di Indonesia masih berjalan dengan bagus di tengah penurunan kondisi pasarnya pada April lalu. Sejauh…

17 Mei 2024