Categories: MotoGP

Valentino Rossi Sempat Tergiur Pindah ke F1

RiderTua.com – Legenda MotoGP Valentino Rossi beberapa kali menjajal mobil Formula 1 Ferrari antara tahun 2004-2006. Saat itu rider asal Italia itu bersaing melawan legenda F1 Michael Schumacher dan mendapat dukungan dari presiden Ferrari Stefano Domenicali untuk pindah sepenuhnya ke F1.

“Memang benar. Pada tahun 2004 ketika saya menang bersama Yamaha, Stefano Domenicali meneleponku dan dia berkata ‘anda harus menjajal mobilnya’. Lalu kami pergi ke Fiorano untuk menguji mobil tersebut. Saya cukup cepat dan mencatat waktu kurang dari 1 menit. Saya ingat para mekanik bertaruh, apakah saya akan melakukan lap di atas atau di bawah 1 menit. Pada akhirnya, saya menang,” ungkap Rossi.

Valentino Rossi Sempat Tergiur Pindah ke F1

Valentino Rossi menambahkan, “Kemudian usai tes itu saya pergi ke Mugello. Saya juga melakukan ‘the real tes di Valencia. Dan di sana saya harus memilih. Jika saya menjawab ya, saya akan membalap dengan Minardi, tim B. Dan jika saya melaju cukup cepat, tujuan dan jalurnya adalah balapan dengan Ferrari.”

Valentino Rossi

Minardi yang berbasis di Italia diambil alih oleh Red Bull dan berganti nama menjadi Toro Rosso pada tahun 2006, kemudian menggunakan mesin Ferrari. Namun harapan mereka untuk menggaet ikon balap roda dua sekaligus legenda olahraga Italia itu berakhir dengan kegagalan.

“Saya masih berusia 27 tahun dan saya belum merasa ingin melakukan lompatan ini, karena saya tahu saya bisa memenangkan beberapa gelar lagi dan mendapatkan kepuasan dari balap motor,” ungkap rider yang kini berusia 44 tahun itu.

Kakak Luca Marini (Repsol Honda pada 2024) itu menjelaskan, “Bagiku motor selalu menjadi yang terbaik. Pada akhirnya saya melakoni balapan dengan sangat baik, meskipun rasa penasaran masih ada. Saya tidak tahu apa yang bisa saya lakukan. Tetapi saya memenangkan banyak balapan ikonik dan dua gelar dunia dan saya melakukannya dengan baik.”

Sebelumnya dalam sebuah podcast, Rossi mengatakan, “Untuk F1, saya punya rencana, tapi tidak sesuai dengan Ferrari. Awalnya saya akan memulai dengan tim kecil untuk mencoba mencari pengalaman. Setelah itu, jika saya cukup cepat, saya akan bergabung dengan Ferrari. Tapi saya punya banyak pertanyaan. Saya juga mendapat banyak tekanan dari pihak saya, ‘pilih mobil, gunakan Ferrari’. Karena ini adalah sesuatu yang besar.”

“Ketika saya mencoba menjelaskan dan meminta bantuan atas keputusanku, semua orang mengatakan kepadaku, ‘kamu harus pergi ke F1’. Juga, ibuku misalnya. Menurutku saya harus memutuskan sendiri, dan dalam hatiku saya pikir saya harus tetap bersama MotoGP,” tegas pembalap berjuluk The Doctor itu.

Rossi mengoleksi 7 gelar dunia MotoGP dan sekarang pada usia 44 tahun, ambil bagian dalam balap mobil. Tahun depan papa Giulietta itu berencana ikut kompetisi di ’24 Hours of Le Mans’ yang terkenal di dunia.

This post was last modified on 29 Desember 2023 13:41

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bakalan Punya Tim Satelit Pada 2025, Kata Siapa?

RiderTua.com - Rumor yang tersebar di paddock GP Spanyol tetap pada nasib beberapa tim satelit. Seperti diketahui, Yamaha sedang berusaha keras…

2 Mei 2024

Aleix Espargaro Pensiun? Saya Tidak Bisa Berkata Apa-apa!

RiderTua.com - Aleix Espargaro bisa saja mengucapkan selamat tinggal pada MotoGP pada akhir musim 2024. Pembalap Spanyol itu bisa menjadi…

2 Mei 2024

Raul Fernandez : Mengendarai Aprilia RS-GP24 ‘Seperti Mencicipi Permen’

RiderTua.com - Raul Fernandez yang membalap untuk tim satelit Trackhouse menjadi satu-satunya pembalap Aprilia yang masih menggunakan mesin 2023. Aprilia…

2 Mei 2024

Pecco Bagnaia : Di Jerez Masalah Getaran Hilang Tapi akan Dicoba di Barcelona yang Gripnya Kurang

RiderTua.com - Setelah kemenangan sensasionalnya di GP Spanyol, Pecco Bagnaia menjalani tes hari Senin dengan relatif tenang di Jerez. Rider Ducati…

1 Mei 2024

Miguel Oliveira : Cara Menyalip Marc Marquez Membahayakan Rider Lain

RiderTua.com - Setelah Jorge Martin (Pramac Ducati) crash, Miguel Oliveira sempat berada di posisi ke-6 pada race hari Minggu di Jerez.…

1 Mei 2024

Wuling Membuka Pemesanan Cloud EV di Indonesia!

RiderTua.com - Wuling telah menampilkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, yaitu Cloud EV. Hanya saja tidak seperti Air EV dan…

1 Mei 2024