Categories: MotoGP

Baru Tahu! Inilah Merek Bahan Bakar dan Oli yang Digunakan Tim Satelit

RiderTua.com – Pada musim mendatang, 40 persen bahan bakar bio atau bahan bakar sintetis akan dibutuhkan untuk bahan bakar di Moto3, Moto2, dan MotoGP. Pada tahun 2027, bahan bakar untuk ketiga kelas balap motor akan terdiri dari 100 persen biofuel.

Perusahaan minyak asal Malaysia akan terus memasok bahan bakar standar untuk kelas Moto3 dan Moto2. Namun pabrikan MotoGP seperti Honda, Yamaha, Ducati, KTM dan GASGAS dan Aprilia sedang mengembangkan Bio Fuel dengan dukungan 5 perusahaan minyak mineral berbeda, untuk dapat beroperasi di bidang ‘bahan bakar racing’ agar tetap kompetitif dalam hal konsumsi, performa mesin, dan masa pakai mesin.

Inilah Merek Bahan Bakar dan Oli yang Digunakan Tim Satelit

Yamaha Fuel Tank

Jika melihat 11 tim di MotoGP, kita akan melihat bahwa beberapa tim pabrikan dan tim satelit terkait terkadang memiliki mitra berbeda untuk bahan bakar dan oli.

  1. Shell telah menjadi pemasok resmi pelumas dan bahan bakar untuk Ducati Corse selama bertahun-tahun,
  2. Sementara Pramac mempromosikan Motul pada tahun 2023, Mooney VR46 untuk Bardahl dan Gresini Racing untuk Federal Oil.
  3. Sama seperti di Honda. Tim pabrikan HRC membeli oli dan bahan bakar dari Repsol asal Spanyol,
  4. Sementara LCR dengan jelas mengiklankan merek pesaingnya Castrol pada setidaknya 1 motor (2023 dengan Alex Rins).
  5. Pierer Mobility AG menggandeng ExxonMobil sebagai pemasok oli dan bahan bakar untuk pertama kalinya pada tahun 2023,
  6. Sementara tim GASGAS Factory Racing Tech3 mengiklankan grup French Eleven selama 3 tahun dan baru-baru ini menghadirkan mitra pelumas baru Motul untuk 2024.
  7. Pada tahun 2023, Aprilia Racing menggunakan oli mesin Castrol dan bahan bakar BP di tim pabrikan, begitu pula tim satelit RNF.
  8. Yamaha tidak memiliki tim satelit pada tahun 2023. Tim pabrikan Monster Yamaha mengandalkan minyak pelumas dari Yamalube, perusahaan ini tidak memproduksi bahan bakar. Secara resmi, perusahaan energi ENEOS bekerja sama dengan Yamaha sebagai produsen bahan bakar, gas, minyak dan sumber energi lainnya. Yang tentu saja tidak dipublikasikan, bahwa pabrikan motor men’dikte’kan kepada semua tim satelit oli mesin dan bahan bakar mana yang harus mereka gunakan dalam tes dan balapan.

Biasanya yang dipakai tim satelit merupakan produk yang sama dengan tim pabrikan, karena perusahaan seperti Ducati tidak melakukan tes perbandingan dengan 4 jenis oli berbeda atau 4 bahan bakar berbeda untuk 4 tim terpisah dan mungkin menerima konsumsi dan waktu pengoperasian mesin yang berbeda.

“Tim pabrikan MotoGP menggunakan pelumas seragam dan bahan bakar balap yang identik. Namun, tim satelit diperbolehkan untuk mempromosikan merek lain,” tegas seorang manajer tim yang enggan disebutkan namanya.

Konsep promosi iklan menggunakan platform MotoGP diam-diam ditoleransi dan diperbolehkan.

Hanya pengunjung pit yang kadang-kadang memperhatikan bahwa tong bahan bakar dan wadah minyak yang tersembunyi, memiliki tulisan dan logo yang berbeda dengan sponsor minyak di dinding pit.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024