Categories: MotoGP

Aprilia Mengakhiri Kontrak Tim RNF untuk Tahun 2024

RiderTua.com – Aprilia mengakhiri kontrak tim RNF untuk tahun 2024. Semuanya menjadi sulit bagi tim RNF Racing. Secara resmi, belum diputuskan kepada siapa Panitia Seleksi MotoGP (terdiri dari FIM, IRTA dan Dorna) akan menyerahkan tim CryptoDATA-RNF-Aprilia yang sedang dalam proses pembubaran. Namun Justin Marks (berusia 42 tahun) seorang pembalap asal Amerika, pengusaha sekaligus pemilik Trackhouse Racing di NASCAR Cup Series, berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi pemilik tim satelit MotoGP Aprilia.

Pada hari Senin usai balapan final Kejuaraan Dunia di Valencia atau 24 jam setelah pembalap RNF Aprilia Raul Fernandez mencapai hasil terbaiknya di MotoGP dengan posisi ke-5, perubahan besar terjadi di tim RNF. Seluruh kru teknis masih hadir, namun mereka tidak lagi mengenakan seragam tim mungkin tidak ada lagi yang tersisa untuk mengingatkan mereka pada pemilik sebelumnya.

Aprilia Mengakhiri Kontrak Tim RNF untuk Tahun 2024

CryptoDATA RNF Aprilia

Karena itulah Aprilia membagikan puluhan kaos bertuliskan ‘Aprilia Racing’ di Valencia. “Kami hanya punya tiga set seragam tim dan semuanya kotor setelah dipakai 4 hari. Itulah mengapa Aprilia memberi kami seragam,” kata salah satu kru tim. Karyawan RNF tidak akan bekerja pada tes hari Selasa karena masih terikat kontrak dengan RNF. Tim Penguji Aprilia akan mendampingi Raul Fernandez.

Selain itu, Aprilia Racing juga resmi mengakhiri kontrak dengan tim RNF pada Senin malam. Tim CryptoDATA RNF beroperasi dengan anggaran 11,6 juta euro (Rp 197 miliar) tahun ini. Perusahaan RNF Racing Limited itu terlilit hutang besar.

Namun tim RNF tidak membuat penampilan bagus di Aprilia Racing. Karena Dorna mentransfer hibah tim satelit biasa sebesar 5 juta euro (Rp 84 milair) langsung ke Noale, yang sebagian besar untuk menutupi biaya sewa dan material.

Truk dan hospitallity serta dekorasi pit menyerahkan stiker tersebut kepada sponsor sebelumnya pada hari Senin. BTW, tim Petronas-Yamaha tempat munculnya tim WithU-Yamaha pada tahun 2022 dan tim CryptoDATA-RNF pada tahun 2023, akan mengalami pergantian kepemilikan dan investor baru untuk keempat kalinya berturut-turut pada tahun 2024. Dan tampil lagi dalam desain baru!

Itu sebabnya truk dan hospitallitynya dicat matt di British Racing Green pada tahun 2022 dan hanya beberapa nama sponsor yang tertempel di sana.

CEO CryptoDATA Ovidiu Toma telah mengumumkan pihaknya akan mengajukan gugatan hukum dengan promotor Kejuaraan Dunia Dorna Sports SL menyusul pengumuman Dorna pada hari Senin bahwa dia telah kehilangan dua slot MotoGP.

60 persen saham Ovidiu Tomas di RNF Racing tiba-tiba menjadi tidak berharga hari ini. Hal yang sama berlaku untuk 40 persen RNF yang dimiliki oleh kepala tim yang digulingkan Razali Razali. Bagaimanapun, rencana perubahan kepemilikan ini adalah masalah yang rumit.

Pada hari Selasa, hanya Raul Fernandez yang akan ambil bagian dalam tes untuk tim satelit Aprilia. Untuk pertama kalinya, dia akan menunggangi dua RS-GP23, seperti yang digunakan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales musim ini.

Sebagai informasi, Miguel Oliveira sangat menginginkan Aprilia RS-GP24 untuk musim mendatang. Ayahnya Paulo Oliveira menegosiasikan hal ini dengan Aprilia pada akhir pekan lalu dan Aleix Espargaro juga menginginkan skenario seperti itu. “Karena nanti kita bisa bertukar lebih banyak data jika motor yang digunakan di tim satelit sama,” jelas rider veteran berusia 34 tahun itu.

“Dalam hal pasokan suku cadang dan logistik, sistem dengan 4 pembalap dengan motor yang sama akan menguntungkan. Saya tahu Miguel menginginkan itu. Tapi belum ada yang diputuskan untuk kami,” kata Paolo Bonora selaku Race Manager di Aprilia Racing.

Tentu saja, biaya sewa yang lebih tinggi akan dikenakan untuk mesin pabrikan vintage terbaru dibandingkan motor bekas dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, pemilik baru harus segera memutuskan apakah dia ingin menyerahkan investasi tambahan kepada Aprilia.

Seperti diketahui, Aprilia Racing telah mengembangkan sasis karbon baru selama 1 tahun dan test rider Lorenzo Savadori akan mengujinya selama 2 jam saat istirahat makan siang pada hari Selasa. Selain 2 jam tersebut, pembalap asal Italia itu tidak akan berada di atas motor karena kru teknisnya akan mendampingi pembalap reguler Raul Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP8)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Tony Arbolino menjadi pembalap tercepat pada tes resmi Moto2 Jerez Spanyol (FP8) setelah menguasai…

1 Maret 2024

Alex Marquez yang Jadi Kapten di Gresini Bukan Marc Marquez

RiderTua.com - Alex Marquez akan membalap di musim MotoGP 2024 bersama saudaranya Marc. Tantangan atas nama saudara dalam satu tim…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP7)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 01 Maret 2024, Dengan mengendarai Kalex, 'Gonzalez' menorehkan lap time tercepat. Pembalap QJmotor…

1 Maret 2024

Komunitas Honda Surabaya Mengenal Lebih Dekat Tentang Teknologi Honda EM1 e:

RiderTua.com - MPM Honda Jatim (PT. Mitra Pinasthika Mulia) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim & NTT kenalkan teknologi Honda…

1 Maret 2024

Franco Morbidelli : Pecco Memberiku Saran Tapi Kita Lihat Apakah Saya Bisa Menerapkannya di Trek

RiderTua.com - Menurut pernyataannya sendiri, Franco Morbidelli sangat mungkin akan ambil bagian dalam balapan MotoGP pembuka musim di Qatar. Usai crash…

1 Maret 2024

Suzuki Motor Indonesia Rilis Nex II Cross Model 2024, Harganya Rp 20 Jutaan

RiderTua.com - Suzuki Motor Indonesia baru saja meluncurkan Suzuki Nex II Cross model 2024 sebagai skutik ramping yang bergaya adventure.…

1 Maret 2024