Categories: MotoGP

Aprilia Mengakhiri Kontrak Tim RNF untuk Tahun 2024

RiderTua.com – Aprilia mengakhiri kontrak tim RNF untuk tahun 2024. Semuanya menjadi sulit bagi tim RNF Racing. Secara resmi, belum diputuskan kepada siapa Panitia Seleksi MotoGP (terdiri dari FIM, IRTA dan Dorna) akan menyerahkan tim CryptoDATA-RNF-Aprilia yang sedang dalam proses pembubaran. Namun Justin Marks (berusia 42 tahun) seorang pembalap asal Amerika, pengusaha sekaligus pemilik Trackhouse Racing di NASCAR Cup Series, berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi pemilik tim satelit MotoGP Aprilia.

Pada hari Senin usai balapan final Kejuaraan Dunia di Valencia atau 24 jam setelah pembalap RNF Aprilia Raul Fernandez mencapai hasil terbaiknya di MotoGP dengan posisi ke-5, perubahan besar terjadi di tim RNF. Seluruh kru teknis masih hadir, namun mereka tidak lagi mengenakan seragam tim mungkin tidak ada lagi yang tersisa untuk mengingatkan mereka pada pemilik sebelumnya.

Aprilia Mengakhiri Kontrak Tim RNF untuk Tahun 2024

CryptoDATA RNF Aprilia

Karena itulah Aprilia membagikan puluhan kaos bertuliskan ‘Aprilia Racing’ di Valencia. “Kami hanya punya tiga set seragam tim dan semuanya kotor setelah dipakai 4 hari. Itulah mengapa Aprilia memberi kami seragam,” kata salah satu kru tim. Karyawan RNF tidak akan bekerja pada tes hari Selasa karena masih terikat kontrak dengan RNF. Tim Penguji Aprilia akan mendampingi Raul Fernandez.

Selain itu, Aprilia Racing juga resmi mengakhiri kontrak dengan tim RNF pada Senin malam. Tim CryptoDATA RNF beroperasi dengan anggaran 11,6 juta euro (Rp 197 miliar) tahun ini. Perusahaan RNF Racing Limited itu terlilit hutang besar.

Namun tim RNF tidak membuat penampilan bagus di Aprilia Racing. Karena Dorna mentransfer hibah tim satelit biasa sebesar 5 juta euro (Rp 84 milair) langsung ke Noale, yang sebagian besar untuk menutupi biaya sewa dan material.

Truk dan hospitallity serta dekorasi pit menyerahkan stiker tersebut kepada sponsor sebelumnya pada hari Senin. BTW, tim Petronas-Yamaha tempat munculnya tim WithU-Yamaha pada tahun 2022 dan tim CryptoDATA-RNF pada tahun 2023, akan mengalami pergantian kepemilikan dan investor baru untuk keempat kalinya berturut-turut pada tahun 2024. Dan tampil lagi dalam desain baru!

Itu sebabnya truk dan hospitallitynya dicat matt di British Racing Green pada tahun 2022 dan hanya beberapa nama sponsor yang tertempel di sana.

CEO CryptoDATA Ovidiu Toma telah mengumumkan pihaknya akan mengajukan gugatan hukum dengan promotor Kejuaraan Dunia Dorna Sports SL menyusul pengumuman Dorna pada hari Senin bahwa dia telah kehilangan dua slot MotoGP.

60 persen saham Ovidiu Tomas di RNF Racing tiba-tiba menjadi tidak berharga hari ini. Hal yang sama berlaku untuk 40 persen RNF yang dimiliki oleh kepala tim yang digulingkan Razali Razali. Bagaimanapun, rencana perubahan kepemilikan ini adalah masalah yang rumit.

Pada hari Selasa, hanya Raul Fernandez yang akan ambil bagian dalam tes untuk tim satelit Aprilia. Untuk pertama kalinya, dia akan menunggangi dua RS-GP23, seperti yang digunakan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales musim ini.

Sebagai informasi, Miguel Oliveira sangat menginginkan Aprilia RS-GP24 untuk musim mendatang. Ayahnya Paulo Oliveira menegosiasikan hal ini dengan Aprilia pada akhir pekan lalu dan Aleix Espargaro juga menginginkan skenario seperti itu. “Karena nanti kita bisa bertukar lebih banyak data jika motor yang digunakan di tim satelit sama,” jelas rider veteran berusia 34 tahun itu.

“Dalam hal pasokan suku cadang dan logistik, sistem dengan 4 pembalap dengan motor yang sama akan menguntungkan. Saya tahu Miguel menginginkan itu. Tapi belum ada yang diputuskan untuk kami,” kata Paolo Bonora selaku Race Manager di Aprilia Racing.

Tentu saja, biaya sewa yang lebih tinggi akan dikenakan untuk mesin pabrikan vintage terbaru dibandingkan motor bekas dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, pemilik baru harus segera memutuskan apakah dia ingin menyerahkan investasi tambahan kepada Aprilia.

Seperti diketahui, Aprilia Racing telah mengembangkan sasis karbon baru selama 1 tahun dan test rider Lorenzo Savadori akan mengujinya selama 2 jam saat istirahat makan siang pada hari Selasa. Selain 2 jam tersebut, pembalap asal Italia itu tidak akan berada di atas motor karena kru teknisnya akan mendampingi pembalap reguler Raul Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Banyak Data Membantu Menyelesaikan Masalah Ducati, Tapi Selalu Sulit Diprediksi

RiderTua.com - Balapan pembuka musim di Qatar berjalan luar biasa bagi Pecco Bagnaia. Sang juara bertahan itu sukses memenangkan Grand…

6 Mei 2024

Valentino Rossi : Pecco Marah Terhadap Pembalap yang Balapan Tanpa Memikirkan Rider Lain

RiderTua.com - Valentino Rossi mengungkap kemarahan muridnya Pecco Bagnaia di GP Spanyol. Meskipun rider pabrikan Ducati itu merayakan kemenangan pada…

6 Mei 2024

Gigi Dall’Igna Diperingatkan, Jika Tidak Segera Mengumumkan Duo Pabrikan Ducati 2025 Maka akan Jadi Bumerang

RiderTua.com - Selaku bos balap Ducati Corse, keputusan mengenai line-up pembalap tim pabrikan berada di tangan Gigi Dall’Igna. Namun Neil…

6 Mei 2024

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024