Categories: Moto2MotoGP

Aki Ajo Duetkan Oncu dan Vietti? Murid Rossi ke KTM!

RiderTua.com – Aki Ajo masih mencari pembalap top untuk tim balapnya di Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2. Seperti diketahui, tim Red Bull KTM Ajo berkompetisi di Moto3 musim 2023 dengan rookie Jose Antonio Rueda dan Deniz Oncu, yang berhasil memenangkan dua dari empat balapan terakhir dan kemungkinan besar akan naik ke Moto2 tahun depan.

Biasanya Aki Ajo langsung mengamankan pemenang Red Bull Rookies Cup untuk dibawa ke Moto3 bekerja sama KTM dan Red Bull, tetapi seperti yang diberitakan Angel Piqueras telah direnggut oleh tim Leopard Honda.

Oleh karena itu, belum jelas siapa yang akan mendampingi Rueda pada 2024 di tim Moto3 Ajo. Pembalap asal Spanyol itu memenangkan Rookies Cup 2022 dan sebagai rookie Moto3 saat ini berada di peringkat 8 di Kejuaraan Dunia. Dia selalu mencetak poin di 10 seri pada tahun 2023.

Aki Ajo Duetkan Deniz Oncu dan Celestino Vietti untuk 2024?

Di kelas Moto2, Aki Ajo menurunkan Pedro Acosta tahun ini bersama dengan Albert Arenas yang menjadi juara dunia Moto3 tahun 2020 dengan menunggangi KTM di tim Aspar Martinez (namun sejauh ini kelas 765cc kurang meyakinkan).

Arenas menyelesaikan Kejuaraan Dunia Moto2 2021 di peringkat 21 dengan 28 poin bersama Boscoscuro di tim Aspar. Tahun lalu dia mencetak 90 poin dengan Kalex. Dia menjadi sorotan setelah finis di posisi ke-4 di Misano dan finis ke-5 di Valencia, juga finis ke-6 di Sachsenring. Arenas menempati peringkat 12 di klasemen 2022 bersama tim Aspar Martinez. Namun setelah pindah ke Ajo peningkatan yang diharapkan tidak terjadi pada tahun 2023, sehingga pembalap berusia 26 tahun itu harus mencari tim baru.

Dengan dipromosikannya Pedro Acosta ke MotoGP di tim GASGAS Tech3 tahun depan, Aki Ajo harus menemukan penganti kedua pembalap tersebut. Sebenarnya dia ingin mengumumkan pasangan pembalapnya di GP Austria.

Deniz Oncu

Karena tim Ajo sudah memiliki Deniz Oncu, para petinggi Pierer Mobility AG kini sedang mencari pembalap pemenang sekaligus penantang gelar di Moto2.

Ada rumor yang mengungkapkan adanya pembicaraan Ajo dengan Ai Ogura, yang berjuang memperebutkan gelar melawan Augusto Fernandez hingga balapan final pada tahun 2022 dan ambil bagian bersama KTM di Red Bull Rookies Cup pada tahun 2016 dan 2017.

Ogura adalah runner-up Moto2 pada tahun 2022. Tetapi dia mengalami cedera saat latihan motor sebelum dimulainya musim 2023, sehingga absen di dua balapan pertama, kehilangan 1 poin setelah 4 seri. Namun kemudian, rider asal Jepang itu berhasil mencetak poin di Assen (finis ke-2) dan di Spielberg (finis ke-3). Dia menjadi kandidat di tim Aki Ajo.

Namun Honda tidak akan melepas pembalap berusia 22 tahun itu. Karena jika pembalap lain misalnya Marc Marquez dan Joan Mir mengikuti jejak Alex Rins keluar dari Honda, maka diperlukan seluruh kemampuan pembalap yang ada. Pada musim panas 2022, HRC sudah mempertimbangkan untuk memindahkan Ogura ke tim LCR Honda ketimbang Taka Nakagami (tidak pernah naik podium MotoGP dalam 6 tahun).

Tidak ada penantang gelar untuk tim Moto2 Ajo karena pemenang Assen Jake Dixon kembali mencapai kesepakatan dengan tim GASGAS Aspar. Saat ini Pierer Group sedang mengamati pemenang Spielberg Celestino Vietti, yang kemungkinan besar masih akan dipertahankan tim Fantic.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marco Bezzecchi Mengalami Masalah Serius Namun Dia Mampu Memperbaikinya

RiderTua.com - Pada latihan Jumat sore, Marco Bezzecchi mengalami crash dengan Ducati Desmosedici GP23 miliknya di tikungan 1 sirkuit Jerez.…

27 April 2024

Penjualan Mobil Chery Naik Drastis di Q1 2024!

RiderTua.com - Chery mungkin menjadi salah satu merek mobil asal Negeri Tirai Bambu yang sempat diremehkan ketika pertama kali hadir…

27 April 2024

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024