Categories: MotoGP

BASTIANINI DITUKAR MARTIN TAHUN DEPAN?

RiderTua.com – Rumor MotoGP 2024 ada opsi tukar pembalap Motogp dimungkinkan untuk Ducati. Kedengarannya manajemen Ducati MotoGP akan dipaksa untuk membuat keputusan penting dalam beberapa minggu mendatang, setelah sumber yang dekat dengan Ducati mengonfirmasi kepada wartawan bahwa ada opsi kontrak untuk menukar Enea Bastianini dengan pemenang balapan GP Jerman hari Minggu lalu. Itu artinya Jorge Martin akan menjadi skuad tim pabrikan untuk musim depan.

Desas desus ini rupanya bersumber dari sesuatu yang telah diisyaratkan beberapa waktu lalu, dimana bos Ducati Paolo Ciabatti menyarankan beberapa minggu yang lalu bahwa keputusan besar harus dibuat selama liburan musim panas lima minggu mendatang dan bahwa keputusan itu secara khusus ditunda karena Bastianini yang cedera.

Kemudian dikuatkan dengan penampilan apik Martin, dan puncaknya saat dia mengikuti balapan akhir pekan ini di Sachsenring. Namun Martin membantahnya ,”Saya tidak terlalu memikirkannya. Saya mendengar sesuatu tentang Ducati, bahwa mereka perlu memutuskan sesuatu, saya tidak tahu persis apa yang harus mereka putuskan. Mungkin jika saya memiliki kemungkinan untuk pergi ke tim pabrikan, akan bagus. Tapi itu bukan hal yang aku pikirkan sekarang. Saya merasa hebat dengan Pramac, saya memiliki motor yang bagus. Motornya sama dengan tim pabrikan. Saya merasa tidak ada perubahan besar jika kami pindah,” kata pembalap Pramac Ducati itu kepada MotoGP.com.

Namun keputusan bisa saja berubah dalam beberapa minggu mendatang berkat penampilan impresif pembalap Spanyol itu di trek Jerman, Martin meraih kemenangan dari pembalap pabrikan dan juara bertahan dunia Pecco Bagnaia di sprint dan balapan utama.

Dan, dengan Bastianini masih memulihkan diri dari cedera bahu yang dideritanya pada seri pembuka kejuaraan di Portimao pada bulan Maret lalu ketika dia disingkirkan oleh sesama pembalap Ducati Luca Marini, jelas bahwa peringkat ketiga tahun lalu merasa posisinya masih aman dengan alasan cedera. Bahkan setelah hanya menyelesaikan dua balapan akhir pekan yang jauh dari podium.

Apakah Martin yakin bisa ke tim pabrikan tahun depan mengingat rumor yang beredar.. “Saya yakin…. Ya. Ya saya percaya diri. Tapi, uhhh… ya.” katanya

Bastianini kesulitan masuk posisi 10 besar sejak dia kembali balapan. Saat dia terus berusaha mendapatkan kembali kebugarannya. Meskipun di Sachsenring dia menekankan bahwa masalah yang lebih besar adalah kurangnya pengalaman dengan Ducati GP23 karena absennya yang lama, dan berulang kali menekankan bahwa dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk adaptasi.

Martin agak jengkel setelah kalah menghadapi Bastianini dalam pertarungan untuk memperebutkan kursi pabrikan selama musim 2022. Namun Martin, menggunakan rasa frustrasi itu secara positif, untuk memotivasi dan terlihat lebih kuat dari sebelumnya dan mampu lebih cepat, konsisten dan punya kematangan saat melaju di atas motor.

Sementara kesulitan Bastianini sejauh musim ini mungkin bukan karena dirinya sendiri, namun tidak dapat disangkal bahwa Martin telah membuat dampak yang lebih signifikan pada kejuaraan MotoGP 2023 saat ini.

Sekarang dua kali pemenang balapan sprint dan peraih podium di tiga putaran sebelumnya itu meninggalkan Jerman ke Belanda di posisi kedua di klasemen dunia dan membuntuti Bagnaia dengan hanya 16 poin. Sementara Bastianini yang dilanda cedera hanya memiliki 16 poin.

Namun, satu hal yang telah dijawab dengan tegas oleh kesuksesan Martin di Sachsenring dan yang mungkin akan melegakan manajemen Ducati adalah dengan kecepatannya saat ini Martin jelas tidak akan pindah pabrikan, atau dengan mudah bisa dibujuk oleh pabrikan lain.

Rumor menyebutkan awal musim ini bahwa dia hampir mencapai kesepakatan dengan Yamaha untuk menggantikan Franco Morbidelli. “Saya senang di mana saya berada dan saya berharap untuk tetap di sini untuk saat ini,” katanya sambil  tertawa ketika ditanya apakah dia bisa tergoda meninggalkan Ducati dengan tawaran sebagai pembalap pabrikan di tim Jepang.

This post was last modified on 22 Juli 2023 20:21

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Tes Mugello : Alex Rins Membukukan Waktu Terbaik, Luca Marini Ke Berapa?

RiderTua.com - Tim MotoGP Honda dan Yamaha menjalani tes pribadi di Mugello selama 2 hari (14-15 Mei). Berkat aturan konsesi yang…

17 Mei 2024

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024