Categories: MotoGP

Alberto Puig : Kemenangan Alex Rins Membuktikan Potensi Honda Masih Kuat

RiderTua.com – Alex Rins memberi Honda kemenangan pertama, setelah sekian lama puasa. Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig menarik kesimpulan positif dari GP Texas, meskipun Joan Mir dan Stefan Bradl (pengganti Marc Marquez) sama-sama gagal finis karena crash.

“Honda telah memenangkan balapan dan itulah tujuan yang kami tetapkan setiap akhir pekan. Dalam beberapa bulan terakhir potensi kami dipertanyakan, tapi kami membuktikan pada hari Minggu bahwa ada beberapa potensi bagus di motor kami,” tegas Puig.

Alberto Puig : Kemenangan Alex Rins Membuktikan Potensi Honda Masih Kuat

Selain ujung tombak HRC (Honda Racing Corporation) Marc Marquez, Alex Rins kini menjadi pembalap Honda pertama yang memenangkan balapan sejak Cal Crutchlow di Las Termas-Argentina pada 2018. Di saat yang sama, setelah 24 balapan, pendatang baru LCR itu mengakhiri rentetan tanpa kemenangan terpanjang di produsen sepeda motor terbesar di dunia itu di kelas utama. Sebab Marquez terakhir menang pada 24 Oktober 2021 lalu di Misano.

Alex Rins – Race MotoGP Amerika 2023 -1

Alberto Puig memberikan apresiasi atas performa Rins dalam balapan akhir pekan lalu. “Gaya balapnya, fokusnya, dan performanya adalah yang kami butuhkan. Dia telah menunjukkan bahwa dia adalah pembalap yang sangat cepat dan kami juga harus mempertimbangkan dan mengapresiasi performanya dari kemajuan dan pengembangan motor selama beberapa balapan,” ujar bos balap berusia 54 tahun itu.

Di sisi lain, Joan Mir (mantan rekan setim Rins di Suzuki) jelas lebih kesulitan memanfaatkan potensi tersebut. “Dia perlu terus meningkatkan hubungannya dengan motor dan memperdalam pemahamannya. Pekan demi pekan dia membuat kemajuan. Dengan beberapa kali crash ini menjadi lebih rumit, tetapi kami sebagai HRC percaya bahwa dia setidaknya memiliki potensi yang sama dengan Rins. Karena mereka telah membalap bersama dalam tim yang sama selama bertahun-tahun, dan kita dapat melihat hasil yang telah mereka capai dalam waktu bersama,” tegas Puig.

Puig melanjutkan, “Cepat atau lambat Joan akan menemukan bagian terakhir yang dia butuhkan untuk benar-benar memahami motor. Dia kini sangat fokus pada posisinya di atas motor dan telah membuat langkah maju di Amerika.”

Secara keseluruhan, Puig menyatakan, “Temuan terpentingnya adalah, semua kerja keras dari orang-orang di Jepang dan Eropa membuahkan hasil. Semua orang di HRC melakukan yang terbaik untuk kembali ke puncak, dari HRC di Jepang hingga LCR dan tim Repsol Honda, semua orang bekerja sangat keras dengan satu tujuan itu. Berkat Alex Rins kami dapat merayakan kemenangan sebagai hadiah dan membuktikan bahwa kami masih di sini, masih bekerja dan masih terlibat.”

Konfirmasi juga untuk Marc Marquez yang cedera. “Dia pasti senang dengan hasil ini. Kami masih harus meningkatkan motornya, tetapi potensinya ada di sana,” tegas Puig.

Mengenai kondisi Marc Marquez, manajer tim Repsol Honda itu mengatakan, “Marc terus mengikuti saran dokter dan membuat kemajuan. Dia akan menjalani pemeriksaan lagi menjelang GP Spanyol untuk menilai kondisi tulang di tangannya. Kemudian kita akan memiliki rencana yang jelas tentang seberapa baik dia pulih.”

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

GWM Ora Belum Siap Diproduksi Lokal?

RiderTua.com - GWM Ora seharusnya sudah dapat menjual mobil listriknya di Indonesia ketika pertama kali diperkenalkan beberapa bulan lalu. Namun…

9 Mei 2024

Haval Jolion akan Dirakit di Indonesia?

RiderTua.com - Haval menjadi satu dari tiga merek yang dibawa oleh Great Wall Motor (GWM) di Indonesia selain Tank dan…

9 Mei 2024

Toprak Razgatlioglu : Yamaha Tidak Punya Rencana Membawa Saya ke MotoGP

RiderTua.com - Usai meraih gelar dunia Superbike pertamanya pada tahun 2021, Toprak Razgatlioglu diberi kesempatan untuk menunggangi motor Yamaha MotoGP…

9 Mei 2024

Jadwal MotoGP Le Mans 2024 : Perburuan Gelar Dunia Jorge Martin

RiderTua.com - Pada tahun 1969, Kejuaraan Dunia Balap Motor pertama kali digelar di Sirkuit Bugatti. Trek balap di selatan Le Mans…

9 Mei 2024

Honda yang Tetap Andalkan Brio di Indonesia

RiderTua.com - Honda Brio tetap menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia, meski Toyota Kijang Innova dan Daihatsu Sigra juga…

9 Mei 2024

Stefan Bradl : Honda Sudah Berusaha Keras

RiderTua.com - HRC (Honda Racing Corporation) meminta test rider Stefan Bradl ambil bagian dalam GP Jerez dengan wild card. Namun…

9 Mei 2024