Categories: MotoGPSuperbike

Berapa Kecepatan Toprak Dibanding Morbidelli dengan Motor MotoGP?

RiderTua.com – Direktur Balap Yamaha Lin Jarvis menjelaskan, “Kerja sama antara Cal (Crutchlow) dan Toprak (Razgatlioglu) berjalan dengan sangat baik. Menurutku Toprak menikmati waktu latihan selama 2 hari bersama kami, menarik dan bagus untuknya. Dia mampu beradaptasi dengan motor jauh lebih baik dan mendapatkan ide yang lebih baik tentang tuntutan gaya balap di MotoGP.”

Seperti diketahui, pembalap berusia 26 tahun itu sangat ingin dipromosikan ke MotoGP. Itu sebabnya Yamaha memberinya waktu latihan selama 2 hari di Jerez untuk menimba pengalaman dengan M1.

Toprak melakoni latihan MotoGP keduanya pada hari Senin dan Selasa (10-11 April) di Circuito de Jerez. Seperti tahun lalu di Aragon, tes rider Yamaha Cal Crutchlow mendampinginya, selain itu Yamaha Motor Racing juga membawa 2 kru teknis ke Andalusia. Satu di bawah kepala kru Silvano Galbusera untuk Crutchlow, yang kedua (terdiri dari orang Jepang dan Eropa) untuk Toprak.

Lin Jarvis : Tidak Membahas Topik MotoGP 2024

Toprak Razgatlioglu memanfaatkan waktu sepenuhnya selama 2 hari itu dan melakukan putarannya mulai pukul 10.30 hingga 18.00. Terkadang Crutchlow akan menariknya (dalam slipstream), terkadang tes rider asal Inggris itu gantian mengikutinya dan kemudian memberinya nasihat tentang gaya balap, pilihan trek dan sebagainya.

Sementara pembalap asal Turki itu hanya mampu melibas 20 lap di trek basah selama tes pertamanya dengan M1 di Aragon pada 2022, kali ini cerah dan suhu musim panas mencapai 29 derajat di Jerez. Dalam kondisi eksternal terbaik, Toprak mampu membiasakan diri dengan ban standar Michelin (Pirelli digunakan di Superbike) dan rem karbon (SBK hanya memiliki rem baja).

Selain Crutchlow harus fokus pada jadwal tesnya yang biasa dan mencoba suku cadang baru selama 2 hari, dia juga ditugaskan untuk memberikan dukungan dan bimbingan terbaik untuk Toprak. Juara Dunai Superbike 2021 itu melibas sekitar 50 lap setiap hari.

Sementara Cal Crutchlow akan menguji lagi minggu depan di Aragon, untuk saat ini tidak ada tes ride M1 lagi yang direncanakan untuk Toprak Razgatlioglu. Sekarang dia harus mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia Superbike di Assen dan tidak terus-menerus pindah dari M1 ke R1. Di klasemen WSBK, saat ini dia terpaut 75 hingga 112 poin jauh di belakang rider Ducati Alvaro Bautista.

Manajer Yamaha tidak membahas topik MotoGP 2024 dalam tes ini. Tapi bukan rahasia lagi bahwa tempat di tim pabrikan masih terbuka, karena Franco Morbidelli (dia finis ke-4 di kedua balapan di Argentina) kontraknya habis pada akhir tahun 2023.

Berapa kira-kira selisih kecepatan terbaik Toprak kali ini ( tes kedua dengan M1 setelah Aragon)..  Semua ada disini.. ?

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024