Categories: MotoGP

Marc Marquez Berharap Sasis Kalex Sudah Ada di GP Texas

RiderTua.com – Setelah Marc Marquez membukukan hasil tes pramusim yang menyedihkan, HRC (Honda Racing Corporation) langsung gercep alias gerak cepat, salah satunya dengan mengganti sasis buatan Kalex Jerman. Dikabarkan, tes rider Stefan Bradl akan menguji sasis Kalex yang baru tersebut di Jerez pada 4 hingga 6 April mendatang.

Sebelumnya, diungkap secara eksklusif oleh media Jerman speedweek bahwa saat ini Managing Director Kalex Alex Baumgartel sedang merancang dan membuat sasis aluminium Deltabox untuk Honda RC213V dari tim Repsol Honda di ‘bengkel’ mereka di Bobingen-Jerman dengan karyawan yang berjumlah 8 orang.

Marc Marquez Berharap Sasis Kalex Sudah Ada di GP Texas

Tetapi bos Kalex Alex Baumgartel dan Klaus Hirsekorn telah menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan HRC. Mereka tidak diizinkan mengungkapkan masalah ini. Baumgartel hanya dapat mengatakan satu kalimat yang sangat bermakna, “Kami sangat sibuk.”

Dan pernyataan itu jelas tidak berkaitan dengan 40 sasis Moto2 baru yang diproduksi oleh perusahaan teknik terkenal asal Jerman ini untuk 26 pembalap di Kejuaraan Dunia Moto2 2023. Karena sebagian besar sasis dan rangka ini telah dikirimkan ke tim.

HRC berada di bawah tekanan. Mereka khawatir Marc Marquez akan mengakhiri kontraknya untuk tahun 2024, jika rider berusia 30 tahun itu gagal berkembang di sepertiga pertama musim ini dan terus kalah 0,8 detik per lap. Musim tanpa kemenangan dengan hanya satu podium di tahun 2022, sudah cukup mengecewakan bagi pembalap asal Spanyol yang terbiasa sukses itu.

Dan fakta bahwa, adiknya Alex selalu mampu mempermalukannya dengan Ducati Gresini 2022 juga memperburuk mood Marc.

Oleh karena itu, HRC ingin menunjukkan kepada Marc Marquez jalan keluar dari kesengsaraan secepat mungkin. Juara dunia MotoGP enam kali itu mengatakan, “Mesin kami cukup kuat, tetapi kami tidak bisa menggunakan power kami dan karenanya kami kehilangan top speed,” jelas Baby Alien.

Honda telah menggunakan swingarm aluminium Kalex sejak tes Misano (6-7 September 2022), dimana hasilnya memuaskan Marc. Oleh karena itu, setelah kegagalan yang tak terhitung jumlahnya dengan sasis yang sebelumnya dibuat oleh TSR di Jepang, Honda pun mencari bantuan ke Kalex.

Rencana awalnya adalah menyiapkan frame baru pertama untuk GP Jerez pada akhir April. Tapi HRC telah menjadwalkan tes MotoGP di Circuito de Jerez dengan Stefan Bradl pada 4-6 April. Sasis Kalex pertama akan diuji di sana.

Marc Marquez Sepang Tes 2023

BTW, pada tahun 2011 Stefan Bradl memenangkan gelar pertama dari 11 gelar juara dunia pembalap di Moto2 untuk Kalex. Dengan demikian menetapkan jalur untuk kesuksesan lebih lanjut bagi Kalex.

Usai tes Jerez pada bulan April, Honda akan memutuskan apakah sasis Kalex pertama akan digunakan Marc Marquez dan mungkin juga Joan Mir untuk GP Texas (14-16 April).

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024