Categories: Moto2MotoGP

Izan Guevara : Tidak Perlu Terburu-buru untuk Naik ke MotoGP

RiderTua.com – Izan Guevara memasuki Kejuaraan Dunia Moto3 pada tahun 2021 sebagai Juara Dunia Junior dan merayakan kemenangan balap pertamanya di GP Texas di tahun pertamanya. Tahun 2022 lalu, rider muda GASGAS-Aspar itu merebut gelar juara dunia Moto3 dengan 7 kemenangan.

Pembalap berusia 18 tahun itu kini menghadapi debutnya di Moto2. Sebagai persiapan, dia berlatih dengan R6. “Pada akhirnya melakoni banyak putaran dengan motor yang lebih kuat dan ban yang tepat. Saya sekarang lebih banyak berlatih di gym untuk meningkatkan fisik agar lebih kuat untuk Moto2. Kondisi fisik itu penting. Saya mempunyai waktu di atas motor sebelum cedera, tetapi cuaca sangat dingin dan berangin, jadi tinggal merasakan saja. Kecepatan saya cukup bagus,” ujar Guevara yang juga mengalami cedera ligamen di pergelangan tangan kanannya di musim dingin.

Izan Guevara : Tidak Perlu Terburu-buru untuk Naik ke MotoGP

Test pekan ini memberikan sinyal awal yang lumayan untuk karir Moto2-nya. Izan Guevara menyelesaikan tes pribadi hari Rabu di Jerez di posisi ke-27 dan di posisi ke-28 di sesi pertama tes Portimao.

“Jelas bahwa saya akan mengambil langkah. Ini akan menjadi tahun pembelajaran lagi. Di tahun pertama saya di Moto3, saya beradaptasi dengan cepat dan langsung mampu merayakan kemenangan. Akan sangat bagus untuk melakukannya lagi, berada di grup depan, bertarung untuk podium dan berusaha menjadi rookie terbaik,” imbuh rider asal Mallorca-Spanyol itu yakin.

Setelah penampilannya yang luar biasa di kelas entry level, Guevara juga dianggap sebagai kandidat yang menjanjikan untuk promosi MotoGP di masa mendatang. Mengenai hal ini, Izan menekankan, “Tidak perlu terburu-buru untuk naik ke MotoGP. Saya harus siap. Saya tahu sudah ada minat, tapi kami harus fokus pada langkah yang ada di depan kami sekarang. Sangat penting untuk bersiap untuk tahun ini.”

Siapa yang dinilai Guevara sebagai pembalap terkuat di Kejuaraan Dunia MotoGP? “Ducati akan sangat kuat dan mereka tampaknya telah mengambil langkah dengan melihat hasil tes. Saya pikir Aprilia juga akan kuat, tapi Kejuaraan Dunia masih panjang dan pasti akan ada beberapa kejutan,” jawabnya.

Kembali ke kelas Moto2. “Sulit untuk mengatakan siapa yang akan dinobatkan sebagai Juara Dunia Moto2 tahun ini. Lintasannya kuat ada Alonso Lopez, Pedro Acosta, Ai Ogura, Chantra, Canet… Ini akan sangat sulit, levelnya bagus tahun ini,” tegas rookie dari tim Aspar itu.

Guevara berkomentar mengenai rekan senegaranya Pedro Acosta, pendahulunya sebagai Juara Dunia Moto3 pada 2021 dan rookie Moto2 terbaik tahun lalu dengan 3 kemenangan balap. “Pedro adalah pembalap yang sangat cepat yang juga cepat beradaptasi dengan motornya. Saya bahkan tidak tahu berapa banyak balapan yang dia menangkan tahun lalu, tapi tentu saja saya ingin menjalani musim rookie yang sama seperti dia!” kata Izan.

“Kami duel di kelas lain, terkadang aku menang, terkadang dia yang menang. Dia adalah lawan yang tangguh dan karena dia beradaptasi dengan cepat ke suatu kelas, dia dapat naik kelas dengan cepat,” pungkas Izan Guevara.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

CFMoto 250 CL-C : Cruiser 250cc Gagah yang Baru Saja Meluncur

RiderTua.com - Motor cruiser baru asal pabrikan China yakni CFMoto baru saja diluncurkan yang bernama CFMoto 250 CL-C dengan tampilan…

28 May 2024

GAC Aion akan Hadirkan Model BEV Lainnya di Indonesia

RiderTua.com - Meski GAC Aion baru saja hadir di Indonesia, mereka sudah memiliki berbagai rencana untuk memulai penjualannya disini. Nantinya…

28 May 2024

Toyota Belum Bisa Kembangkan Mobil Listrik Versi GR?

RiderTua.com - Toyota Gazoo Racing sudah lama terkenal dengan produk mobil berperforma tingginya di seluruh dunia. Baik model GR maupun…

28 May 2024

Mitsubishi Triton Generasi Baru yang Dinantikan Kehadirannya

RiderTua.com - Mitsubishi sudah memastikan All New Triton akan diluncurkan di Indonesia tahun ini. Setelah sekian lama akhirnya mobil pikap…

28 May 2024

Takaaki Nakagami : Target Tercapai, Menjadi Pembalap Honda Pertama di Barcelona

RiderTua.com - Meski daftar hasil menempatkan 5 pembalap Honda (termasuk tes rider Stefan Bradl) di posisi belakang di Barcelona, Takaaki…

28 May 2024

Alex Marquez : Saya Bukan Pembalap Gresini Nomor 2 Di Belakang Marc

RiderTua.com - Alex Marquez menjalani balapan kandangnya di Barcelona dengan hasil yang tak diharapkannya. Rider Gresini Ducati itu hanya start…

28 May 2024