Categories: MotoGP

Ancaman Pemogokan Pembalap MotoGP, Bos Dorna: Mereka Tidak Serius!

RiderTua.com – Manajer gaek Carlo Pernat ingin menegosiasikan bonus uang untuk sprint hari Sabtu yang baru. Bahkan ada pembicaraan tentang pemogokan para pembalap MotoGP. Tapi bos Dorna Carmelo Ezpeleta tidak merasa bertanggung jawab. “Saya tidak ada hubungannya dengan apa yang diperoleh pembalap dengan tim mereka, pembalap harus sepakat dengan tim balap mereka,” jelas CEO berusia 76 tahun itu.

Sebagai informasi, Sprint Races di Kejuaraan Dunia MotoGP yang digelar pada Sabtu pukul 3 sore secara resmi akan disebut sebagai Sprint di masa mendatang, karena fokus utamanya harus tetap pada balapan hari Minggu. Kemenangan balap hanya bisa dimenangkan pada hari Minggu (pukul 2 siang). Untuk pemenang akan mendapatkan 25 poin penuh hingga yang finis ke-15.

Ancaman Pemogokan Pembalap MotoGP, Bos Dorna: Mereka Tidak Serius!

Sehubungan dengan kompetisi sprint yang baru (setengah jarak dan setengah poin), sejak awal beberapa pembalap mengkritik formta baru ini. Tapi ada juga yang setuju. Jack Miller mengatakan, ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan bonus uang tambahan. Brad Binder menyatakan dia lebih suka ikut balapan ketimbang melakoni FP4 berdurasi setengah jam. Pembalap lain berbicara tentang stres tambahan dan risiko cedera. Namun FP4 yang kini dihapus pun biasanya menelan banyak korban yang berjatuhan.

Namun sekitar 3,5 minggu sebelum dimulainya musim 2023, diskusi antara pembalap, tim, dan promotor kejuaraan dunia Dorna akan terus berlanjut.

Beberapa minggu lalu, Carlo Pernat yang menjadi manajer Enea Bastianini (peringkat 3 dunia dan pembalap pabrikan Ducati) justru ‘menyiram bensin ke dalam api’ ketika dia mengumumkan bahwa dia akan melakukan tekanan lembut untuk memaksa tim dan pabrikan membayar bonus uang kepada pembalap untuk sprint. Jika perlu, Dorna harus merogoh sakunya!

Carmelo Ezpeleta

“Di tes Sepang saya mencoba untuk meyakinkan sebanyak mungkin manajer pembalap lain mengenai pendapat saya. Saya ingin berbicara dengan sebanyak mungkin penasihat pembalap lainnya, termasuk Jimmy Martinez yang kini menjadi manajer baru Marc dan Alex Marquez,” jelas Carlo Pernat.

Sejauh ini tidak ada yang tahu, berapa banyak dari 22 pembalap reguler yang menegosiasikan bonus uang tambahan untuk kompetisi hari Sabtu dengan tim mereka. Pada dasarnya, tidak ada yang bisa diungkapkan tentang detail kontrak.

Dalam wawancara dengan media di Malaysia, para pembalap tidak mempermasalahkan bonus kesuksesan. Tapi tim harus memutar otak mereka selama musim balap terpanjang dalam sejarah, dengan 7 balapan di luar Eropa dalam 10 minggu di musim gugur tahun ini.

BTW, para rider MotoGP sangat antusias dengan format baru yang telah lama digelar di Kejuaraan Dunia Superbike dan Formula 1, meski sprint race di Formula 1 awalnya berlangsung 3 kali per musim dan kini digelar 6 kali.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, yang perusahaannya membayar lebih dari 70 juta euro (Rp 1,7 triliun) untuk tim balap di tiga kelas, bagaimanapun juga tidak akan membayar bonus kepada para pembalap. “Ini adalah masalah yang perlu didiskusikan dan diselesaikan oleh para pembalap dengan tim mereka,” kata Ezpeleta kepada harian Spanyol AS.

Carlo Pernat bahkan sempat mengemukakan kemungkinan pemogokan pembalap, tindakan yang tidak pernah dikonfirmasi oleh para pembalap. “Carlo adalah Carlo,” tegas Ezpeleta.

Bagaimana dengan ancaman pemogokan? “Saya tidak bisa menganggap mereka serius,” tambah bos Dorna itu.

“Aneh, Carlo memiliki nomor telepon saya tetapi dia tidak pernah menanyakan langsung. Dia tidak pernah bertanya padaku secara pribadi tentang hal itu. Sebenarnya akan lebih mudah untuk membicarakan hal-hal seperti ini,” ujar Ezpeleta.

Lihat Juga:

Di GP Austria pada Agustus 2022, pembalap terkejut ketika Dorna mengumumkan indikasi pertama format hari Sabtu yang baru, tetapi bos tim belum memberi tahu pembalap mereka hingga konferensi pers.

“Kami sebelumnya mengadakan pertemuan rahasia dengan Dorna di mana membahas sprint race. Tapi kami dibungkam, dan kemudian kami dikejutkan dengan konferensi pers yang diadakan secara tergesa-gesa,” kata seorang pemilik tim.

Pada saat itu, Dorna dengan tergesa-gesa menggelar konferensi pers dan mengatakan bahwa minat penggemar telah turun karena liburan musim panas yang panjang dan oleh karena itu akan ‘dihidupkan’ kembali. Selain itu, rumor pertama tentang format sprint sudah bocor menjelang GP Spielberg.

Pada musim semi yang akan datang, akan menjadi jelas tim dan pabrikan mana yang telah mengubah kontrak mereka dengan para pembalap dan demi perdamaian membagikan bonus uang untuk sprint hari Sabtu.

Ducati setidaknya harus merogoh kocek untuk 4 pembalap dari Lenovo dan Pramac. Untuk 12 kemenangan GP dan total 32 podium, Ducati 2022 pasti membayar bonus jutaan euro. Aprilia, Honda dan Pierer Group (dengan KTM dan GASGAS) masing-masing memiliki 4 pembalap MotoGP yang terikat kontrak.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Fermin Aldeguer Datang, Pramac Ducati Hengkang?

RiderTua.com - Bergabungnya Fermin Aldeguer dan dimana ditempatkan masih menjadi misteri... Bahkan kolaborasi Ducati dan tim Pramac juga masih belum…

29 Maret 2024

Marco Bezzecchi Ada Masalah dengan Kopling Ducati

RiderTua.com - Marco Bezzecchi sedang berjuang untuk bertarung di barisan depan di musim MotoGP 2024. Pembalap VR46 memiliki masalah dengan…

29 Maret 2024

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024